Tingkatkan Gemar Menabung, SMP IT PAPB Gandeng Bank Mini Keliling

SEMARANG (Asatu.id) – Gerakan menabung pada pelajar harus diajarkan sejak dini. Untuk memudahkannya, sekolah pun menggandeng Bank Mini Keliling yang datang ke sekolah. Hal ini yang dilakukan oleh SMP Islam Terpadu (IT) PAPB yang beralamat di Jalan Panda Barat 44 Palebon Pedurungan, Semarang.

Bedanya, kalau menabung yang kebanyakan nasabah harus datang, tapi ini pihak bank yang datang ke sekolah untuk memberikan pelayanan menabung menggunakan mobil kas keliling kepada para siswa, guru, karyawan.

Selaku penanggung jawab program, Purwi Hastutiningsih SE, mengatakan bila sebelumnya saat menabung  sekolah perlu menyediakan tempat sendiri, namun sekarang sudah menggunakan fasilitas dari bank, berupa mobil kas yang datang setiap Selasa, habis zuhur. “Melalui mobil ini, anak diajarkan secara langsung menabung mulai dari mengisi slip, kemudian menyerahkan kepada taller, dan hasilnya langsung di print,” ungkapnya.

Purwi menambah, program menabung lewat mobil ini sudah berjalan dua bulan, hasil dari berbagai evaluasi menabung yang diselenggarakan di sekolah.  Ke depan, semoga intensitas menabung meningkat dan siswa semakin sadar akan manfaatnya. Adapun terkait besaran tambungan, minimal Rp 1.000 sampai tidak terhingga untuk siswa.

”Jika siswa ingin mengambil uang tabungannya, saat disekolah tinggal datang ke mobil kas keliling dengan menggunakan KTP orang tua. Bisa juga, datang ke bank konvensional dengan didampingi orang tua,” pungkasnya.

Petugas taller mobil kas keliling dari Bank Jateng Syariah, Nuraina Agnes Widya Pinasthika mengatakan, bahwa pelayanan yang disediakan meliputi, transaksi setoran dan penarikan, pembukaan rekening baru, serta transfer. Adapun salah satu siswa, Charismawan Habibullah Renel (7E), mengatakan senang menabung agar bisa meringankan beban orang tua. “Saya senang menabung mulai dari SD, kebetulan ada program menabung di sekolah jadinya langsung ikut agar tidak menjadi beban orang tua saya,” ungkapnya.

Terpisah Kepala Sekolah, Drs Ramelan SH MH, mengatakan, program menabung mingguan ini menjadi prioritas sekolah agar siswa suka menabung. “Jadi, tanpa harus datang ke bank lewat mobil kas keliling ini, transaksi menabung bisa lebih mudah dan sudah secara online agar siswa senang menabung,” pungkasnya. (Watiek)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *