Tingkatkan Minat Baca dan Menulis Bank Jateng Gelar LKI

SEMARANG (Asatu.id) – Untuk meningkatkan minat menulis ilmiah pada pelajar, mahasiswa dan guru, Bank Jateng menggelar lomba karya ilmiah (LKI).

 ”Kami mengapresiasi minat para siswa SMA, mahasiswa dan guru yang ternyata antusiasnya untuk mengikuti LKI ini sangat tinggi. Tulisan para pemenang akan diterbitkan dalam jurnal prosiding International Standard Book Number (ISBN),” jelas Ony Suharsono, Direktur Kepatuhan dan Manajemen Resiko Bank Jateng, Sabtu (10/3), bertempat di kantor Jalan Pemuda Semarang.
Ony mengatakan, pihaknya tidak menyangka. Karya ilmiah yang dikirim ke panitia, rata-rata memiliki kelebihan dan ide baru untuk perkembangan dunia perbankan di Indonesia.
”Padahal, peserta yang notabenya siswa SMA dan mahasiswa, tidak bersentuhan langsung dengan perbankan. Tapi mereka punya inovasi untuk input positif bagi pengembangan kami,” jelasnya.
Menurut Ony, ada sekitar 176 peserta yang mengikuti LKI seluruh Jateng, baik itu yang dibuat oleh guru, pelajar dan mahasiswa. Dari ratusan karya ilmiah ini, disaring menjadi 18 yang masuk final, dengan rincian masing-masing enam tulisan,  untuk kategori guru, mahasiswa dan siswa SMA.
Sementara itu, Kepala Divisi Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Bank Jateng, Suharto mengatakan, lomba yang baru pertama kali ini diselenggarakan akan berjalan setia tahun.
Tujuannya untuk membangkitkan semangat menulis ilmiah dan populer di kalangan pelajar, mahasiswa dan guru di Jateng.
Oleh karena itu, bersamaan dengan dikumpulkannya 18 finalis untuk mempresentasikan karyanya itu, juga dibarengi dengan workshop penulisan ilmiah dan populer.
”Sehingga bisa memberikan pandangan, arahan serta pedoman bagaimana cara menulis yang baik dan produktif,” jelasnya.
Hadir sebagai nara sumber adalah pengamat ekonomi dari Undip, yang juga komisaris Bank Jateng Prof Dr FX Sugiyanto dan Budayawan serta penulis Prie GS dengan moderator Firmansyah PhD dari Bank Jateng.(Kha)
69

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan