Plt Gubernur Ingatkan Peran Pers

SEMARANG (Asatu.id) – Plt Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko menegaskan, pers punya peran besar dalam mengubah kondusivitas sekaligus menunjukkan kepada masyarakat tentang perkembangan informasi. Pers diharapkan bisa menjernihkan informasi yang bertebaran di masyarakat.Hal itu ditegaskan Heru Sudjatmoko saat menghadiri acara puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 dan HUT ke-72 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tingkat Jawa Tengah di Pendopo Kabupaten Pemalang, Jumat (9/3) malam.

Peringatan kali ini mengusung tema Pers Obyektif, Pilkada Partisipatif. Menurut Heru Sudjatmoko, tema ini sangat bagus terutama saat ini menjelang Pilkada. Di Jawa Tengah ada tujuh kota/kabupaten yang akan menggelar Pilkada.

“Kami membutuhkan peran pers guna menjernihkan informasi yang bertebaran di masyarakat. Pemerintahan sendiri harus bersama-sama dengan pers untuk membanguan keterbukaan, baik dalam anggaran maupun berpolitik,” ujarnya.

Peran pers, lanjut Heru, diharapkan lebih maksimal lagi terutama dalam hal memberi pendidikan politik kepada masyarakat. “Apalagi 7 kabupaten/kota sebentar lagi akan mengadakan Pemilu, tentunya tidak hanya KPUdan pemerintahan yang bekerja keras, media juga diharapkan bisa bekerja keras dengan mengedukasi masyarakat,” imbuhnya.

Dalam kaitan itu, Heru berharap pers bisa mengupas profile para calon yang medaftarkan diri sebagai pemimpin daerah agar masyarakat bisa tahu treck rekord para calon pemimpin.

“Pemerintahan belum tentu tahu informasi yang ada di daerah, jadi peran pers memang sanagat kami butuhkan,” imbuhnya.

Hadir dalam acara itu, Sekda Pemprov Sri Puryono, Bupati Pemalang Junaedi, Plt Ketua Umum PWI Sasongko Tejo, Ketua PWI Jateng Amir Machmud, pejabat dari Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (FKPD) Kabupaten Pemalang, anggota DPRD Jateng dan undangan lainnya. (udins)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *