Siswa-Siswi SMPN 29 Kota Semarang Belajar PKn kepada DPRD Jateng  

 

SEMARANG (Asatu.id) – Ratusan Siswa SMP kelas VII 29 Kota Semarang mendatangi gedung berlian DPRD Jawa Tengah, Kamis (8/3). Kedatangan mereka bukan untuk berunjuk rasa menyampaikan aspirasi, namun untuk melakukan studi mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Jateng, Rukma Setiyabudi mengaku senang dengan kedatangan siswa siswi SMP 29 Kota Semarang tersebut.

“Dengan kehadiran adik-adik ini di Gedung Berlian, mereka bisa tahu secara langsung kondisi gedung dewan yang selama ini mewakili dan menyerap aspirasi masyarakat,” ujar Rukma.

Dalam dialog tersebut, Rukma memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa siswi. Bagi yang berhasil menjawab, kenang-kenang pun diberikannya kepada siswa tersebut.

“Dalam pemerintahan itu, ada eksekutif dan legislatif. Keduanya harus sejalan dengan baik untuk mengatur pemerintahan. Di eksekutif dipimpin gubernur dan legislatif oleh Ketua DPRD. Sekarang, saya mau nanya, apa tugas pokok dan fungsi DPRD itu. Ayo, siapa yang tahu?,” tanya Rukma.

“DPRD bertugas untuk menyuarakan suara rakyat pak,” jawab Bintang Denisa.

Para siswa pun juga diajak masuk ke ruang rapat paripurna untuk melihat dan merasakan langsung duduk di kursi anggota dewan. Mereka tampak bersemangat memasuki ruangan dan berebut mencari kursi yang biasa diduduki anggota dewan.

Sementara iti, Gregorius Suyanto, Ketua Rombongan SMP 29 Kota Semarang menerangkan, bahwa maksud kedatangannya mengajak siswa siswinya dalam rangka agar para siswa dapat mengetahui dan memahami pelajaran PKn, khususnya mengenai DPRD.

“Harapan kami nantinya, anak-anak kami ke depannya bisa duduk di DPRD Jateng sebagai wakil rakyat,” tukasnya. (is)

253

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan