ASN Berkualitas Wujudkan Birokrasi Kelas Dunia

SEMARANG (Asatu.id) – Aparatur Sipil Negara (ASN) berkualitas merupakan salah satu faktor yang harus dipenuhi dalam mencapai dan memajukan birokrasi di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Adi Suryanto, saat memberi sambutan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Angkatan IV Provinsi Jawa tengah 2018, di Auditorium Sasana Widya Praja Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDM) Jateng, Selasa (6/2).

“Pemerintah ingin membangun birokrasi berkelas dunia. Namun tidak mungkin birokrasi berkelas dunia bisa kita wujudkan tanpa adanya ASN yang berkelas dunia pula,” ujarnya.

Adi pun menjelaskan bahwa Diklatpim tersebut adalah pelatihan kepemimipinan bukan pelatihan jabatan. Menjadi pemimpin perubahan, kata dia, tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang harus dikuasai. Yakni, mampu mengajak orang lain berubah, sebab ide dan gagasan bagus dari pemimpin perubahan tidak mungkin langsung disetujui oleh semua pihak.

“Maka pemimpin perubahan adalah bagaimana menjadikan mereka yang semula ragu menjadi yakin, sebelumnya melawan jadi pendukung, serta yang sikapnya tidak jelas menjadi tegas,” imbuhnya.

Sementara itu Plt Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko menambahkan, dalam memajukan pemerintahan, pendidikan juga menjadi yang utama, termasuk pendidikan ASN. Para ASN diiminta semakin pintar dan cerdas, termasuk dalam mendayagunakan teknologi yang ada sesuai dengan visi dan misi program pembangunan Indonesia.

“Di lapangan, PR kita adalah memadukan kelebihan birokrasi dan politisi, serta pemikiran-pemikiran birokrasi di terima politisi,” tukasnya. (is)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *