Tangkal Hoax, Lintas Media Gelar Guyub Bareng

SEMARANG (Asatu.id) –  Kegiatan “Guyub Bareng Lintas Media” telah sukses digelar di Aston Inn Hotel, Pandanaran Semarang, Jumat (2/3). Acara yang mengusung tema “Jurnalisme Kasih Sayang di Tahun Politik” ini dihadiri puluhan pewarta dari berbagai lintas media di Semarang.

Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Sri Puryono memberikan dukungan kepada puluhan awak media yang hadir dalam kegiatan ini. Dia berharap kepada para rekan media untuk tetap konsisten memberitakan kebenaran dan menangkal informasi bohong (hoax).

Melalui unjuk kebolehan stand up comedy, Sri Puryono meminta tema kegiatan ini benar-benar dijalankan dengan baik. Menurutnya ini harus di implementasikan untuk menangkal berbagai berita bohong.

“Aku seneng temane mbo o masange ora rapi (Saya suka temanya meski masangnya tidak rapi). Ini yang harus dilakukan. Jurnalisme kasih sayang untuk menangkal berita bohong,” kata Sri Puryono disambut gelak tawa dari rekan media.

Tak hanya tema kegiatan, lanjut dia, tagline kegiatan #SaringSebelumSharing juga harus terus dikampanyekan ke masyarakat luas. Dia berharap di era digitalisasi ini masyarakat bisa lebih bijak baik saat mencerna informasi ataupun memberikan informasi.

“Tugas konco-konco media ikut mengawasi. Meluruskan informasi yang bohong,” imbuhnya.

Sementara itu, sepakat dengan yang disampaikan Sri Puryono, Budayawan Harjanto Halim yang hadir dalam kegiatan ini juga mengingatkan awak media untuk berperan aktif memerangi berita bohong.

Dia berpendapat meski banyak informasi beredar dari berbagai sumber, informasi dari rekan medialah yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Saya dukung teman-teman pers. Perannya besar melawan hoax,” ucap Harjanto.

Selain kedua tokoh tersebut, turut mengundang pegiat wisata Benk Mintosih, serta Walikota Semarang. Dalam kegiatan yang digagas kelompok Jaringan Lintas Media (Jari Lima) Kota Semarang ini juga memperingati H]ari Pers Nasional (HPN).

Selain itu, hadir pula dari perwakilan perbankan Bank Jateng yang menjelaskan program kredit, KPR, pinjaman, serta dana pensiun kepada rekan media. Nantinya melalui program tersebut diharapkan rekan media bisa menikmati kemudahan fasilitas perbankan dari Bank Jateng. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *