Usaha Kuliner Indonesia Diprediksi Terus Berkembang

SEMARANG (asatu.id) – Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menilai usaha kuliner Indonesia saat ini lebih berkembang dari sebelumnya. Bekraf pun terus mendorong berbagai usaha kuliner di berbagai daerah berkembang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Usaha kuliner di Indonesia yang pasti lebih berkembang dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu bisa dilihat dari adanya usaha kuliner baru, restoran baru, hingga makanan baru sehingga menggembirakan,” ujar Kasubdit Dana Masyarakat Direktorat Akses Non Perbankan Bekraf Hanifah Makarim saat sosialisasi FSI di Hotel Grandhika, Kamis (1/3).

Kendati demikian, Hanifah memberikan catatan yang perlu diperhatikan para pelaku usaha kuliner di Indonesia agar bisa bertahan serta terus berkembang. Di antaranya seperti mutu kualitas kuliner yang disajikan serta cara penyajiannya.

“Produk kulinernya harus enak dan memiliki nilai plus dibandingkan produk makanan lainnya, tidak sekadar meniru,” paparnya.

Menurut dia, para pelaku usaha kuliner perlu melakukan pencatatan penjualan, memahami laporan keuangan, serta memisahkan antara keuangan rumah tangga dengan keuangan usaha.

“Para pelaku usaha kuliner harus memahami cara mengelola bisnis yang benar, capacity building itu penting, bagaimana meningkatkan pengetahuan, apa yang sedang berkembang, selalu meng-updateagar tidak ketinggalan zaman,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *