LPPM Unissula Dorong Dosen Lolos Penelitian Dikti

SEMARANG (Asatu.id) – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unissula mengadakan Workshop Strategi Lolos dan Review Pra Proposal Penelitian dan Pengabdian Hibah Kementrian Dikti TA 2019, di Ruang Seminar Lantai 1, Gedung Kuliah Bersama.

Prof Dr Sc Agr Ir Didik Sulistyanto yang merupakan Reviewer Nasional Penelitian Universitas Budi Luhur Jakarta, menuturkan workshop terkait trik dan strategi memenangkan hibah dikti.

“Agar proposal yang dibuat itu lolos, maka dalam pembuatannya harus mengacu pada pada panduan format yang ada pada penilaian. Supaya sukses dalam pembuatan proposal, penyusun perlu menfokuskan pada poin-poin yang memiliki nilai besar. Poin-poin yang memiliki nilai besar itu adalah judul yang memiliki nilai lebih dari 30%. Selain itu abstrak dan latar belakang memiliki nilai lebih dari 25%,” ujarnya (1/3)

Didik menjelaskan penelitian juga harus memiliki roadmap. Tanpa roadmap peneletian tidak terarah. Roadmap harus sejalan dengan renstra penelitian perguruan tinggi, sehingga penelitian akan memiliki sifat.

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh dosen dosen peneliti dari berbagai program studi yang ada di Unissula.

“Pelatihan ini kami adakan sebagai upaya untuk meningkatkan kuantitas jumlah proposal yang diterima oleh Kementrian Dikti Tahun Anggaran 2019,” kata Dr Heru Sulistyo SE MSi, Ketua LPPM dalam sambutannya.

Heru menjelaskan terjadinya penurunan terhadap proposal yang lolos. Di Tahun ini, dari 75 proposal yang diajukan hanya 18 propsal saja yang lolos. Terjadinya penurunan ini karena beberapa faktor seperti adanya kenaikan passing grade dan ketidakmampuan sistem dikti di dalam memfilter kesamaan anggota lebih dari 2 skeme.

Maka dari itu, pelatihan ini diselenggarakan dengan harapan membantu peneliti-peneliti di Unissula  tahu trik dan strategi penyusunan proposal sehingga bisa memperbaikinya agar proposal penelitiannya berhasil lolos. (is)

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *