Dinas Perdagangan Tawarkan Beberapa Pasar untuk PKL Kaligawe

SEMARANG (Asatu.id) – Dinas Perdagangan menawarkan tempat di beberapa pasar yang ada di Kota Semarang sebagai alternatif lahan baru untuk berjualan bagi 125 pedagang kaki lima (PKL) Kaligawe, Kecamatan Genuk.

Tawaran itu disampaikan Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto kepada para PKL yang menolak dipindah dari lahan alternatif yang sudah disediakan Dinas Perdagangan di lahan kosong milik Pemkot di sebelah timur kantor Kelurahan Kaligawe, dekat rumah Kiai Sodik.

“Kalau tetap menolak di lahan yang sudah kami siapkan, silakan para pedagang memilih tempat yang lain. Bisa di Penggaron, Pasar Dargo, Pasar Bulu, Pasar Waru, Banjardowo, atau yang lain. Pemkot memiliki banyak pasar,” kata Fajar di hadapan ratusan PKL Kaligawe, dalam sosialisasi yang diselenggarakan di depan Kantor Kelurahan Kaligawe, Kamis (1/3).

Fajar menjelaskan, mau tidak mau, para PKL harus pindah karena tempatnya akan dibongkar untuk normalisasi Sungai Banjir Kanal Timur. Sebagai alternatif, Pemkot, dalam hal ini Dinas Perdagangan sudah menyiapkan lahan pengganti. Bahkan lahan itu sudah mulai diratakan dan segera ditata untuk bisa segera ditempati.

“Semua kami kembalikan kepada para pedagang. Kalau menolak lahan yang kami sediakan, silakan segera dimusyawarahkan untuk segera diketahui alternatif lahan baru yang diinginkan. Tugas kami memang mengurusi para pedagang. Kalau tempat dagangannya sudah bentuk permukiman, itu ranah Dinas Permukiman,” tutur Fajar.

Para pedagang sepakat dengan tawaran Fajar Purwoto. Mereka minta waktu untuk bermusyawarah yang dipimpin koordinator atau Ketua Paguyuban PKL Kaligawe, Gareng.

Menurut Fajar, sebenarnya lahan baru yang disiapkan Dinas Perdagangan, diperkirakan bisa menampung 84 PKL. Sisanya akan dicarikan alternatif lain, atau diatur secara bergantian waktu berjualannya. Namun para PKL tetap menolak penjelasan Kepala Dinas Perdagangan, dan memilih mencari solusi di tempat lain yang ditawarkan Dinas Perdagangan.(udins)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *