Genjot Target Pajak, Bapenda Kota Semarang Terapkan e-SPTPD

SEMARANG (Asatu.id) – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang melakukan terobosan baru dalam hal pelayanan pembayaran pajak. Untuk sementara ini e-SPTPD baru diberlakukan bagi wajib pajak dari kalangan hotel, restoran, hiburan dan parkir.

Kabid Pajak Daerah II Bapenda Kota Semarang, Agus Wuryanto, mengatakan, dengan adanya sistem online ini, diharapkan Bapenda mampu mencapai target penerimaan pendapatan daerah dari sektor pajak pada 2018 ini yang meningkat 12,5 persen dibanding 2017 lalu.

“Alhamdulillah target pada 2017 lalu, semua sektor tercapai. Tapi kan setiap tahun ada kenaikan minimal 12,5 persen. Kalau tidak ada terobosan seperti ini, kami akan sulit mencapainya,” tandasnya.

Penyebab lain munculnya sistem e-SPTPD ini juga karena kondisi kantor pelayanan Bapenda Kota Semarang yang tidak representatif. Kantor Bapenda yang relatif kecil, selalu mengalami penumpukan saat wajib pajak hendak menyampaikan laporan dan pembayaran.

“Karena itu, kami harus mengakselerasi pelayanan masyarakat. Karena kalau pengadaan gedung itu kan butuh waktu yang lama. Sehingga diharapkan sistem ini memudahkan wajib pajak dalam melakukan pelaporan,” jelasnya.

Terkait adanya gangguan aplikasi e-SPTPD, Agus menyampaikan, relatif aman dari apapun termasuk hacker. Pasalnya, aplikasi ini menginduk pada website resmi Pemkot Semarang.(udins)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *