Masyarakat Semarang Produksi Sampah 1.400 Ton/Hari

SEMARANG (Asatu.id) – Jumlah sampah yang diproduksi masyarakat Kota Semarang setiap harinya masih cukup banyak, yaitu sekitar 1.400 ton. Dari jumlah itu, tidak semuanya diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang. Sebab di beberapa wilayah sudah ada masyarakat yang melakukan pengolahan sampah, sehingga mengurangi pembuangan sampah ke TPA.

“Iya benar, masyarakat Kota Semarang setiap hari memproduksi sampah hingga 1.400 ton, jadi cukup besar,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH Kota Semarang, Gunawan Saptogiri, Kamis (22/2) malam, di sela-sela acara talkshow Gerakan Peduli Sampah yang berlangsung di Gedung Lokakrida Moch Ikhsan.

Saat ini, menurut Gunawan, pengelolaan sampah yang dilakukan masyarakat cukup efektif dalam mengurangi pembuangan sampah ke TPA Jatibarang. Dari data yang masuk, tahun 2016 ada 82 persen sampah yang dibuang ke TPA Jatibarang.

“Namun pada tahun 2017 lalu yang dibuang ke TPA Jatibarang menurun menjadi 78 persen. Penyebabnya karena ada masyarakat yang mau mengelola sampah menjadi barang yang bermanfaat,” katanya.

Dinas Lingkungan Hidup, kata Gunawan, akan terus membantu masyarakat untuk membentuk bank sampah. Tidak hanya bangunan saja, tetapi juga peralatan pendukungnya, seperti timbangan dan komputer,

“Melalui pengolahan dan pengelolaan sampah ini diharapkan masyarakat juga akan mendapatkan masnfaat secara ekonomis,” tambahnya. (udins)

 

 

 

63

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan