Makanan Olahan Lele, Inovasi Stabilkan Harga Lele

SEMARANG (Asatu.id) – Naik turunnya harga ikan lele konsumsi membuat para petani ikan lele memutar otak untuk mengurangi kerugian, salah satunya membuat inovasi olahan makanan berbahan dasar ikan lele.

Salah satu yang dikembangkan adalah makanan olahan berupa abon lele atau tahu bakso lele yang merupakan salah satu produk yang dibuat untuk mengatasi turunnya harga lele.

Rudi salah satu petani lele yang membuat abon lele mengatakan kepada Asatu.id, Selasa (20/2), inovasi ini dilakukan untuk mengurangi kerugian saat harga lele anjlog. Melalui Koperasi Produsen Minasari Rukun Makmur Sejati Rudi dan 21 orang anggotanya berusaha menstabilkan harga dengan olahan ikan lele untuk menekan kerugian saat harga anjlog.

“Pada tahun 2010 harga lele menurun drastis, untuk itu kami mengembangkan olahan makanan lele,” ucapnya.

Berbagai olahan makanan ringan olahan lele mereka buat seperti abon lele, tahu bakso lele, keripik kulit lele dan keripik sirip lele. Ia menambahkan, produknya sudah dijual di berbagai daerah seperti Surabaya, Jakarta dan Bandung.

“Untuk harga kami patok murah, di luar semarang kita jual Rp 25.000 dan di dalam semarang Rp 18.000,” tambah rudi.

Ia berharap, ada perhatian pemerintah untuk mempromosikan produknya lebih gencar lagi untuk membantu menekan kerugian petani lele kecil saat harga anjlog.

 

38

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan