Ratusan Warga Mangkang Perbaiki Tanggul Jebol

SEMARANG (Asatu.id) –  Sebanyak 100 warga dari RW 7 Mangkang Kulon melakukan kerja bakti memperbaiki tanggul yang jebol di wilayah RW 7, Kelurahan Mangkang Wetan.

Ketua Kelurahan Siaga Bencana (KSB), Mangkang Wetan, Nery Santana mengatakan, terdapat dua titik talud yang jebol di wilayah RW 7. Adapun panjang kerusakan itu sekitar lima belas meter.

”Penanganan sementara dilakukan dengan membuat tanggul sementara karung berisi pasir. Bantuan karung-karung berisi pasir itu berasal dari dinas pekerjaan umum dan BPBD Kota Semarang,” ujarnya, Jumat (9/2).

Dia berharap normalisasi Sungai Beringin segera dilaksanakan. Sebab, warga selalu was-was karena cuaca saat ini selalu hujan.

”Apalagi sedimentasi di sungai ini cukup tinggi dan sampahnya ternyata banyak. Jadi memang perlu penanganan segera,” paparnya.

Lurah Mangkang Wetan, Sugiarti menuturkan, warga yang ikut kerja bakti rata-rata adalah nelayan dan dibantu beberapa unsur seperti TNI, KSB, dan dari kelurahan. Para nelayan tersebut memang libur setiap hari Jumat.

Dia menerangkan, bantuan karung pasir berasal dari BPDD Kota Semarang sebanyak 1.000 karung dan dinas pekerjaan umum 200 karung.

”Ini merupakan penanganan sementara, karena cuaca mulai hujan terus dan warga was-was. Untuk normalisasi Sungai Beringin proses pembebasan lahanya sudah selesai,”jelasnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Agung Budi Margono mendorong agar pemerintah segera melakukan normalisasi Sungai Beringin dan Plumbon. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *