Mahasiswa Malaysia Percantik Kampung Pelangi dengan Mural

SEMARANG (Asatu.id) – Mahasiswa dari Universitas Teknologi Mara (UiTM) Malaysia membuat berbagai mural di dinding rumah-rumah warga Kampung Pelangi Kota Semarang.

Pembuatan mural yang dimulai Selasa ini (6/2) dan akan selesai besok Rabu (7/2) disesuaikan dengan desain yang sesuai dengan tema yang diangkat, yaitu budaya.

Salah seorang mahasiswi UiTM, Fatihah Rajim menuturkan untuk pembuatan mural butuh waktu lebih dari satu hari karena harus melalui beberapa proses. “Besok (Rabu) baru bisa selesai,” ujarnya.

Dirinya bersama 26 temannya ingin tampilan Kampung Pelangi lebih menarik lagi tidak hanya sekadar cat warna-warni. Dengan adanya beragam mural, ia berharap semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Kampung Pelangi yang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Semarang.

Untuk proses pembuatan mural, diawali dengan pembersihan cat lama di dinding rumah. Kemudian dilakukan pengecatan ulang sebagai cat dasar. Setelah cat dasar kering, baru dilakukan pembuatan sketsa mural.

“Setelah itu dilanjut pengecatan muralnya. Dengan adanya mural ini, kami berharap Kampung Pelangi semakin menarik dan banyak pengunjung,” harap mahasiswi semester III arsitek UiTM itu.

Dalam proses pembuatan mural tersebut bekerja sama dengan perusahaan cat PT Mowilex Indonesia. Area Sales Project Manager Mowilex Jateng dan Kalimantan, Hery Kuncoro mengatakan, pembuatan mural ini merupakan kedua kalinya Mowilex hadir di Kampung Pelangi.

“Mowilex support Kampung Pelangi dalam hal pengecatan. Selain itu juga memberi inspirasi dan memberi ruang publik sehingga semakin menarik. Dampaknya kegiatan ekonomi akan jalan,” katanya.

Ia menambahkan, PT Mowilex Indonesia sebagai produsen produk cat berkualitas premium di Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1970, percaya bahwa dengan menciptakan lingkungan yang memiliki nilai estetika yang baik akan menciptakan pengalaman yang bernilai dan bermanfaat buat masyarakat.

Oleh karena itu Mowilex mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa UiTM Malaysia dan mahasiswa Jurusan Arsitektur Undip Semarang.

“Kami juga ingin memperkenalkan Brand Mowilex kepada para mahasiswa sekaligus membangun hubungan yang lebih erat dengan masyarakat khususnya di Kampung Pelangi Semarang,” imbuhnya.

Di samping itu, lanjutnya, hal yang paling penting adalah mengajak seluruh masyarakat untuk selalu peduli memelihara ruang publik.

Untuk itu, Mowilex bersama para seniman-seniman menciptakan street art yang indah dengan kualitas warna yang cemerlang dan bertahan lebih lama.

Dosen pendamping Jurusan Arsitektur Undip Semarang, Reza Rizkiyanto menambahkan, pembuatan mural ini di empat titik Kampung Pelangi. Titik-titik tersebut merupakan rumah warga yang mudah dilihat pengunjung.

“Kampung Pelangi ini pernah viral dengan desainnya yang unik. Kemudian kami ingom gerakkan lagi agar semakin meriah. Ini dalam rangka perawatan juga. Sehingga gambarnya kami perbaharui,” pungkasnya. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *