Pemkot Fasilitasi Warga Penghuni BKT di Rusunawa Kudu

SEMARANG (Asatu.id) – Merasa akan kehilangan mata pencaharian saat ini, sejumlah warga yang tinggal di bantaran Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) masih enggan pindah dari tempat huninya yang sekarang.

Salah satunya, Midjem, warga Jalan Pandansari RT 1 RW 2, Kelurahan Sawahbesar, Kecamatan Gayamsari. Midjem mengaku belum menandatangani persetujuan untuk pindah ke Rusunawa Kudu, karena jika dirinya pindah akan kehilangan pekerjaan yang digelutinya sebagai buruh cuci.

“Kalau saya tinggal di sana, bagaimana caranya berangkat kerja? Saya nggak bisa naik motor mas,” ujarnya, Sabtu (3/1).

Dia menyampaikan, di sekitar tempat tinggalnya (Barito) juga banyak warga usia lanjut. Ia mengkhawatirkan keadaan para lansia tersebut jika harus menghuni rusunawa di lantai atas.

“Berjalan aja ada yang pakai tongkat. Kan kasihan kalau harus naik turun rusunawa kalau dapat di lantai atas,” imbuhnya.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Semarang, Muthohar mengatakan, pihaknya telah melakukan identifikasi masalah yang dialami warga bantaran Sungai Banjir Kanal Timur. “Permasalahan-permasalahan warga ini segera difasilitasi Pemkot Semarang,” paparnya.

Terkait warga yang lanjut usia, pihaknya berjanji akan menempatkan para lansia di Rusunawa lantai bawah. Sedangkan warga yang masih muda diundi di lantai atas rusunawa.

“Kami juga bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja, Dinas Koperasi dan Dinas Perdagangan Kota Semarang, agar warga bantaran Sungai Banjir Kanal Timur bisa bekerja di sekitar Rusunawa Kudu,” imbuhnya.

Selain itu, Pemkot Semarang juga akan memfasilitasi warga untuk pindah ke Rusunawa Kudu dengan transportasi truk untuk mengangkut barang.

“Semua akan dipermudah. Misalnya ada siswa SD, ya nanti dibantu untuk pindah sekolah di SD yang terletak dekat dengan Rusunawa. Jangan sampai karena jauh, lalu tidak sekolah kan kasihan,” tukasnya. (is)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *