Undip dan Belanda Kerjasama Kembangkan Zona Pesisir

SEMARANG (Asatu.id) – Perwakilan tim dari Belanda mengunjungi Undip, acara tersebut diselenggarakan untuk membahas sosialisasi tentang pengembangan zona pesisir yang lestari. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenal lebih dalam antara kedua institusi guna menjalin kerjasama lebih lanjut.

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Sidang Rektor Undip Tembalang, Senin (29/1), dihadiri civitas akademika, perwakilan pakar kelautan dari Belanda, dan Dinas Kelautan Provinsi Jawa Tengah.

Wakil Rektor IV Undip, Prof Dr Ir. Ambariyanto MSc menjelaskan Undip  berharap kerjasama semakin ditingkatkan  untuk pengembangan dan kemajuan yang lebih baik dalam bidang pendidikan, kesehatan serta bidang-bidang lainnya.

Di sisi lain, delegasi Belanda memaparkan sebuah zona pantai yang berkelanjutan, yaitu tangguh untuk proses induksi alami dan manusia di masa depan, produktif mendukung perekonomian masyarakat pesisir, beragam ekologis, lanskap perkotaan, ekonomi, dan lingkungan sehat.

Perwakilan dari Belanda juga mengemukakan pengamatan misi terhadap isu-isu kritis antara lain intrusi air asin, abrasi, sedimentasi, banjir, deforestasi mangrove, penurunan tanah, penegakan hukum, kesadaran masyarakat.

Selain membahas pengembangan zona pesisir yang lestari juga terdapat agenda mengenai pengembangan program kerjasama koperasi antara Indonesia dan Belanda.

Dengan kerjasama antar kedua instusi diharapkan pertukaran informasi dan kerjasama akan semakin baik. (Kurnia)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *