KPU Kota Semarang: 3 Parpol Lakukan Perbaikan

SEMARANG (Asatu.id) – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Agus Suprihanto mengatakan, masih terdapat 3 partai politik (parpol) yang melakukan perbaikan beberapa syarat yang harus diverifikasi oleh KPU. Yakni kepengurusan parpol, keterlibatan 30 persen perempuan dalam parpol, domisili kantor, dan keanggotaan.

“Di Semarang ada tiga parpol yang melakukan perbaikan, yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya, dan Partai Garuda. Sedangkan untuk Perindo sudah kami nyatakan memenuhi syarat,” ujarnya usai melakukan verifikasi faktual di DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Rabu (31/1).

Agus menerangkan, perbaikan diberikan KPU Kota Semarang kepada parpol tersebut dari 3-5 Februari. Sedangkan 6 Februari, KPU akan melakukan verifikasi ulang terhadap parpol yang sebelumnya melakukan perbaikan tersebut.

Terkait keanggotaan yang dihadirkan saat verifikasi, Agus mengatakan setiap parpol wajib menghadirkan 5 persen dari total keanggotaannya yang sudah terdaftar di Sistem Partai Politik (Sipol).

“Setiap partai politik berbeda-beda. Contoh saja jika anggota satu parpol 1.400. MAka saat verifikasi harus menghadirkan 70an anggota untuk diverifikasi keanggotaannya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Kebangikitan Bangsa (PKB) Kota Semarang, Soemarmo menyatakan, tidak ada kendala yang berarti dalam jalannya verifikasi faktual di DPC PKB. Pihaknya menghadirkan 71 anggota dari jumlah 65 anggota yang diminta hadir oleh KPU Kota Semarang.

“Untuk keikutsertaan perempuan di DPC PKB sudah memenuhi. dari total 32 pengurus, 10 di antaranya perempuan. Jadi tidak masalah,” imbuhnya. (is)

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *