Jateng Berpotensi Majukan Sumber Daya Energi Alam

SEMARANG (Asatu.id) – Sumber daya energi merupakan sumber daya alam yang strategis dan sangat penting bagi hajat hidup rakyat banyak, terutama dalam peningkatan kegiatan ekonomi, kesempatan kerja, dan ketahanan nasional, sehingga harus dikuasai negara.

Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengemukakan hal itu saat menjadi pembicara dalam “Seminar Masa Depan Energi dan Sumber Daya Alam”, di UIN Walisongo, Semarang (24/1).

“​Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi menyebutkan pemerintah dan/atau pemerintah daerah berkewajiban menyediakan energi melalui diversivikasi, konservasi, dan intensifikasi sumber energi dan energi. Konservasi energi nasional menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengusaha dan masyarakat,” ujarnya kepada Asatu.id.

Statistik Jateng saat ini baru 4%, antara fosil dan energi baru. Untuk itu, Sudirman Said berjanji akan  menyosialisakan kepada masyarakat bahwa sekarang merupakan waktu yang baik dan tepat membangun porsi sumber energi alam yang terdapat di Jawa Tengah.

“Mengurus energi tidak boleh mengenai aspek komersil. Kita sebagai bagian masyarakat harus mengawal perihal pembangunan energi alam. Mengantisipasi habisnya fosil. Fosil suatu saat akan habis pada tahun 2025 bangunan harus sudah 25,” paparnya.

Menurut dia, Jateng memiliki potensi untuk memajukan energi alam. Dari segi sumber energi alam panas bumi, air/hidro, angin serta biomassa.

“Sumber panas bumi di Jateng seperti terdapat di Dieng, Lawu serta Baturaden dan juga terdapat enam sumber gunung berapi. Jika dicari titik panas bumi, pastinya akan mampu menghasilkan sumber energi panas bumi. Kemudian untuk air di Jawa Tengah memiliki minimal sembilan daerah aliran sungai utama, di mana aliran anak sungai nantinya akan dijadikan sumber energi listrik air,” pungkasnya. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *