Dinas Penataan Ruang Susun KAK Underpass Simpang Lima

SEMARANG (Asatu.id) – Dinas Penataan Ruang Kota Semarang kini terus bekerja keras untuk menata Simpang Lima yang menjadi ikon Ibukota Provinsi Jateng. Salah satunya, merealisasikan program pembuatan “underpass” (jalan bawah tanah) di pusat keramaian tersebut.

Sekretaris Dinas Penataan Ruang Kota Semarang M Irwansyah mengatakan saat ini program underpass progresnya masih penyusunan kerangka acuan kerja (KAK). Sesudah itu program itu dimasukkan ke unit layanan pengadaan (ULP) untuk proses dilelang.

Seperti diketahui, lapangan Simpang Lima yang menjadi ikon Kota Semarang bakal dilengkapi dengan “underpass” (jalan bawah tanah). Pembangunan sarana ini sebagai bagian dari penataan yang dilakukan Pemerintah Kota Semarang.

Penataan kawasan Simpang Lima Semarang dilakukan agar lebih cantik dan tertata, Untuk program underpass, Pemkot telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,7 miliar. Rencana renovasi akan dilakukan pada tahun ini,” kata Irwansyah, di Semarang, Senin (22/1).

Sesuai rencana pembangunan, kata Irwansuah, di bawah lapangan Simpang Lima Semarang akan dibuat lima lantai ke bawah. Di dalamnya ada akses jalan yang saling menghubungkan antarjalur atau semacam “underpass”.

Menurut dia, jika pembangunan underpass terealisasi, nantinya Jalan Pandanaran menuju Jalan Ahmad Yani dan Jalan Pahlawan menuju Jalan Gajah Mada akan melintasi bawah lapangan Simpang Lima.

Selain itu, lanjut dia, untuk menampung kendaraan para pengunjung, bangunan lima lantai di bawah lapangan Simpang Lima dilengkapi tempat parkir, termasuk aktivitas para pedagang kaki lima (PKL).

“Rencananya, di bawah Simpang Lima itu akan ada tempat parkir untuk meningkatkan kegiatan perekonomian. Kegiatan-kegiatan bisnis juga akan dikembangkan di sana,” katanya.

Irwansyah menjelaskan penataan kawasan Simpang Lima dilakukan agar ikon Kota Semarang itu lebih rapi, indah, dan tertata. Penataan ini sekaligus untuk menghilangkan kesan Simpang Lima yang kerap menjadi langganan macet, banjir dan kumuh.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *