Pengurus Baru APKLI Jateng Resmi Dilantik

SEMARANG (asatu.id) – Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Jawa Tengah akhirnya memiliki kepengurusan baru. dr. Ali Mahsun selaku ketua umum APKLI melantik langsung ketua dan anggota APKLI Jateng di Wisma Perdamaian, Jumat (19/1). Pelantikan tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko, perwakilan APKLI dari seluruh daerah di Jawa Tengah, petinggi TNI dan Polri, serta dihadiri oleh asisten pemerintah lainnya.

Dalam sambutannya, Wagub Heru menjelaskan bahwa potensi pendapatan daerah melalui PKL sangat besar dan ini harus terus dekelola dengan baik oleh pemerintah. Menurutnya, PKL adalah pekerjaan yang memiliki masa depan.

“Bagaimanapun pemerintah harus turun tangan mengembangkan potensi PKL, kami akan menata kota tanpa menggusur,” katanya.

Ia menambahkan, pemerintah akan menfasilitasi PKL untuk mendapatkan modal melalui bank daerah dan bank swasta lainnya.

“Ketika PKL punya usaha pasti bank percaya, ketika PKL belum punya usaha kita punya jaminan kredit daerah dimana pemerintah akan menjamin kreditnya,” tegas Heru.

Menurutnya, dengan diwadahinya pedagang kaki lima di Indonesia diharapkan akan terus mendorong ekonomi mikro yang akan berdampak baik pada penghasilan daerah dan negera.

Usai memberi sambutan Ketum APKLI dan Wagub Jateng berkeliling menghadiri deretan pedagang yang ada di samping wisma perdamaian. Tak lupa rombongan mencicipi beberapa kuliner yang disajikan pada pedagang kaki lima.

Pemandangan unik terjadi saat makan siang. Heru dan Ali Mahsun disuapi oleh salah satu PKL yang menyajikan dagangannya untuk memeriahkan acara pelantikan. Hal itu menandakan berbaurnya pejabat pemerintah dengan masyarakat kecil. (kurnia)

 

91

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan