Bulog Jateng Salurkan 24 ribu ton Rastra

SEMARANG (Asatu.id) – Guna meingkatkan kesejahteraan di daerah Jawa Tengah, Perum Bulog Provinsi Jawa Tengah menyalurkan 24 ribu ton beras sejahtera (rastra) guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu di daerah itu.

Kepala Perum Bulog Divre Jateng Djoni Nur Ashari mengatakan beras tersebut bakal disalurkan kepada 2,4 juta keluarga penerima manfaat di Jateng. dan pendestriannya dimulai dari dari Kendal.

Djoni menerangkan, bahwa bantuan rastra masih mirip dengan rastra, cuma tidak ada harga tebusnya. Jadi gratis langsung diberikan kepada masyarakat. Rastra mrnurutnya juga untuk mendorong perekonomian Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM) di Jawa Tengah.

“Penyaluran rastra  ini sesuai arahan Pemerintah Pusat dan Kementerian Sosial. Mekanismenya, setiap anggota keluarga penerima akan diberikan kartu berisi saldo Rp 110 ribu per bulannya. Kartu tersebut bisa digunakan pada mesin EDC (Electronic Data Capture) tersedia di E-Warong,” imbuhnya di Gudang Bulog, Mangkang Kulon, Jumat (19/1).

Djoni menambahkan, sebenarnya saldo bebas bisa dibelanjakan bahan pokok apa saja. namun dikarenakan beras saat ini kurang, maka pemerintah memberikan keleluasaan Bulog bisa masuk dan menyediakan beras sebagai bahan pokok yang disediakan.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kendal Kuncahyadi mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jateng serta Bulog dalam langkah memberikan bantuan rastra tersebut di daerahnya.

Dirinya berharap, dengan adanya rastra tersebut bisa memberikan dampak positif bagi warga Kendal.

“Kendal sendiri saat ini memiliki jumlah penerima bantuan terbesar di Jawa Tengah, yakni 63,963 orang. Ada sekitar 20 kecamatan di Kendal yang akan menerima program bantuan ini,” tukasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *