Ekonomi Kreatif, Trend Usaha Kalangan Mahasiswa

SEMARANG (Asatu.id) – Perkembangan bisnis usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Semarang terus tumbuh dengan cepat. Hal ini dibuktikan, dengan antusiasme dari kalangan mahasiswa yang memulai usahanya.

Kebanyakan dari mahasiswa yang memulai usaha adalah jenis usaha ekonomi kreatif yang kini sedang menjadi trend, terutama di Kota Semarang.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto kepada Asatu.id seusai menjadi pembicara seminar di Universitas Semarang, Senin (15/1), mengatakan pemerintah mendukung penuh kepada masyarakat, khususnya anak muda yang ingin mengembangkan serta memulai usaha yang mereka geluti.

“Pemkot Semarang terus melakukan edukasi terhadap mahasiswa, agar lebih mandiri dan serius dalam menjalankan usaha yang akan mereka geluti. Kami membekali generasi muda agar berani menampilkan produknya, bukan hanya di Semarang namun bisa tembus pasar nasional,” ujar Fajar.

Menurut dia, para generasi milenial mendapatkan dukungan penuh Pemkot Semarang agar mahasiswa menjadi wirausaha. Sebab wirausaha bisa menciptakan, lapangan kerja baru serta mengurangi angka pengangguran di kota ini.

Selain itu, lanbjutnya, pemerintah kini sedang mengubah pola pikir mahasiswa agar tidak lagi menjadi pekerja, namun bisa menjadi seorang wirausahawan yang tangguh.

“Kami, pemerintah kota memprioritaskan anak muda dalam upaya memajukan Kota Semarang. Mereka akan difasilitasi dengan memberikan kios gratis, pada galeri UMKM Semarang agar produk jualan mereka dikenal masyarakat luas,” imbuhnya.

Hari Rabu besok (17/1), rencananya para mahasiswa akan berada di galeri UMKM Semarang mulai menjajakan produk yang mereka buat.

Fajar berharap, generasi milenial (jaman now) dapat menjadi orang yang mandiri dalam berwirausaha dan dapat memajukan perekonomian masyarakat Kota Semarang. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *