Kontingen Indonesia Raih Juara Umum ACGS

SEMARANG (Asatu.id) Persiapan mepet tidak menghalangi kontingen Indonesia untuk meraih prestasi maksimal di ajang Asean Center for the Gifted in Science (ACGS). Pada kompetisi yang dihelat di  Suwon, Korea Selatan, Indonesia berhasil menyabet gelar juara umum dengan mengantongi 3 medali emas, 3 medali perak dan 2 medali perunggu.

“Idealnya untuk mempersiapkan tim butuh waktu dua bulan, tapi kali ini kita berlatih selama satu bulan, dan dalam seminggu hanya dua kali berlatih,” kata Yuda, salah satu pelatih tim Indonesia di ASGS kepada Asatu.id, saat penjemputan kedatangan kontingen di Bandara Ahmad Yani, Semarang, Sabtu (13/1).

ACGS adalah kompetisi sains siswa SMP se-Asean plus tiga negara non-Asean, yaitu Tingokok, Jepang dan Korea Selatan. Untuk tahun 2018, ASGS diselenggarakan di Suwon, Korea Selatan, mulai 5-12 Januari.

Kontingan Merah Putih sendiri diwakili siswa dari Jawa Tengah dan Jakarta. Event tersebut mempertandingan dua katagori, yaitu persentasi poster dan persentasi team project.

Pada katagori persentasi poster setiap peserta harus membuat poseter secara individu dan kemudian dipersentasikan di hadapan dewan juri. Sementara pada katagori team project setiap peserta akan bekerja sama dengan peserta dari negara lain untuk membuat poseter yang akan dipersetasikan.

Yudi mengakui persiapan tim Indonesia sangat minim. Kendati demikian, dia merasa bangga karena di tengan keterbatasan waktu anak-anak asuhannya mampu menunjukkan prestasi.

Ia menambahkan, banyak kendala saat persiapan, seperti tema persentasi yang tidak dinformasikan sejak awal, sehingga tim harus berinovasi sendiri. “Latihan awal adalah kemampuan Bahasa Inggris, karena persentasi harus menggunakan Bahasa Inggris,” paparnya.

Yudi berharap dengan modal di ACGS ini, mereka bisa terus berprestasi di kancah internasional dan mengharumkan nama bangsa. “Nantinya mereka akan diproyeksikan untuk pertukaran informasi antar negara,” tandasnya. (Kurnia)

 

44

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan