Nekat Jualan di Pedestrian, Satpol PP Tertibkan PKL

SEMARANG (Asatu.id) – Sejumlah pedagang kaki lima (PKL) makanan ditertibkan oleh puluhan petugas Satpol PP Kota Semarang. Salah satunya Warung Makan Ayam Kremes “Mak Yek”, di Jalan Indraprasta Semarang, Rabu (10/1). Pasalnya, warung makan tersebut sebagian tempatnya terlalu maju, sehingga menggunakan pedestrian ruas jalan Indraprasta.

Kasi Binmas Satpol PP Kota Semarang Karsidi mengatakan, penertiban ini sudah melalui tahapan sosialisasi berulangkali, sehingga kita terpaksa melaksanakan penertiban PKL yang masih nekat menggunakan pedestrian dan di atas saluran di sepanjang Jalan Indraprasta.

Penertiban ini, lanjut dia, merupakan bagian upaya penegakan Perda Nomor 11 Tahun 2000, PKL dilarang menggunakan pedestrian untuk berjualan karena pedestrian diperuntukkan hanya untuk pejalan kaki.

“Ada tiga PKL yang kita tertibkan, termasuk warung makan. Kali ini kita tidak mengangkut barang-barangnya,  namun jika besok masih mengulanginya lagi,  barang-barang untuk berjualan pedagang akan kami sita di kantor Satpol PP,” ujarnya.

Karsidi menambahkan, termasuk beberapa unit alat pengaduk semen atau mixer semen yang ditempatkan di atas pedestrian atau tepi jalan di ruas jalan tersebut juga akan ditertibkan. Jika masih tergeletak, maka barang tersebut akan disita di kantor Satpol PP Kota Semarang.

“Dalam penertiban ini dikerahkan sekitar 55 petugas, terdiri atas dari Satpol PP Kota Semarang dan Petugas Trantib Kecamatan Semarang Tengah,” pungkasnya. (is)

 

 

 

10

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan