Ini Kriteria Gratis PBB di Kota Semarang

SEMARANG (Asatu.id) – Akhirnya Pemerintah Kota Semarang memberikan bebas pajak bagi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang Nilai Jual Objek Pajaknya (NJOP) di bawah Rp130 juta. Sedangkan kriteria dari program yang dibawahi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang ini adalah bagi PBB yang terdapat bangunan rumah di atasnya.

“Jika NJOP di bawah Rp 130 juta, tetapi hanya berupa tanah, maka tidak termasuk kriteria dan tetap harus membayar pajak PBB,” ujar Kepala Bapenda Kota Semarang Yudi Mardiana, di Balaikota Semarang, Kamis (11/1).

Yudi menambahkan, kebijakan tersebut tidak etis jika pemerintah mengenakan beban pajak bumi dan bangunan kepada warga yang hanya sekadar memenuhi kebutuhan rumah. “Jadi tidak etis ketika warga miskin malah masih dibebani PBB. Nanti warga miskin yang telah masuk database Bapenda Kota Semarang juga akan dibebaskan,” imbuhnya.

Menurutnya, pajak PBB dengan nilai NJOP di bawah Rp130 juta nilainya mencapai kurang lebih sekitar Rp 38 miliar. Di mana nilai tersebut akan dikenakan kepada objek pajak yang lebih tinggi, sehingga otomatis (wajib pajak) kelas menengah ke atas nilai pajaknya naik, naiknya antara 10-15 persen.

“Dan bagi masyarakat yang belum terdaftar atau masuk dalam database bisa melakukan pengajuan ke Pemerintah Kota Semarang,” tukasnya. (is)

 

11

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan