Hati-hati Melintas di Jalan Raya Kaligawe

SEMARANG (Asatu.id) – Unit Lantas Polsek Genuk mengimbau para pengendara kendaraan agar berhati-hati jika melintasi Jalan Raya Kaligawe, Genuk, Kota Semarang. Jika terpaksa harus melewati kawasan tersebut, para pengendara, khususnya kendaraan roda dua, agar tidak mengambil lajur bahu di sepanjang Jalan Raya Kaligawe.

Hal itu diungkapkan Kanit Lantas Polsek Genuk AKP Irianto kepada asatu.id, saat berada di Mapolsek, Senin (8/1). “Bahu dan badan jalan tidak simetris atau permukaannya tidak sama. Di sepanjang Jalan Raya Kaligawe kan banyak ditambal aspal, sehingga  permukaan jalan tidak rata,” ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut membahayakan pengemudi motor lantaran banyak yang terperosok atau pun terserempet badan jalan jika pengemudi melintas dari bahu jalan.

“Ban motor ketahan oleh permukaan badan jalan yang lebih tinggi, sehingga banyak kendaraan roda dua yang terserempet lalu terjatuh,” tambahnya.

AKP Irianto meminta para pengendara motor agar melintas tetap di badan jalan, meski sedang terjebak macet. Misalkan ada pengemudi motor dari sisi jalan, sebaiknya melaju dengan pelan atau posisi ban langsung mengarah ke badan jalan.

“Jika dari sisi jalan, sebaiknya posisi ban tidak bersampingan dengan badan jalan. Jadi langsung memotong saja arahnya agar tidak terserempet. Bahaya banyak kendaraan besar lewat di jalan ini,” tutur irianto.

Selain permukaannya tidak sama, banyak jalan berlubang juga di sepanjang bahu Jalan Raya Kaligawe. Untuk itu, lanjut Irianto, pengendaraan motor lebih baik melintasi badan jalan saja. Tidak perlu menggunakan bahu jalan untuk mendahului kendaraan lain. (is)

 

18

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan