5 Program Studi Unnes Terima Akreditasi Baru

SEMARANG (asatu.id) – Memasuki awal 2018 ini, Keluarga Besar Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (FT Unnes) berbahagia. Lima dari 14 program studi memperoleh status akreditasi baru yang dikeluarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Kelima program studi itu adalah Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1 Teknik Mesin, S1 Pendidikan Tata Busana, dan S1 Pendidikan Tata Boga.

Wakil Dekan I Bidang Akademik FT Unnes I Made Sudana menuturkan terdapat dua prodi yang memperoleh Akreditasi Unggul atau bernilai A, yakni Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan dan S1 Pendidikan Informatika dan Komputer.

“Lalu tiga prodi lainnya, memperoleh Akreditasi B. Yakni Prodi S1 Teknik Mesin, S1 Pendidikan Tata Busana, dan S1 Pendidikan Tata Boga. Dari pencapaian itu, kami berbahagia karena beberapa di antaranya mampu meloncat dan cukup mengejutkan,” ujar I Made kepada Asatu.id, di Semarang,  Sabtu (6/1).

I Made melanjutkan, capaian loncatan dalam perolehan akreditasi itu terjadi pada Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Sebelumnya, prodi tersebut menyandang Akreditasi C, tetapi saat ini peroleh Akreditasi A.

“Loncatan lainnya yakni di Prodi S1 Pendidikan Tata Boga dan S1 Pendidikan Tata Busana. Keduanya itu adalah prodi baru dan belum meluluskan. Tetapi kemudian langsung memperoleh AkreditasiB. Itulah yang membuat kami bahagia atas kerja keras seluruh civitas akademika di FT Unnes selama ini,” ujarnya.

Sekadar informasi, lanjutnya, perolehan akreditasi tersebut diperoleh dari BAN PT melalui Badan Penjamin Mutu Unnes pada awal Januari 2018 ini. Meskipun sebenarnya, apabila dilihat dari nomor surat keputusannya, dikeluarkan pada Desember 2017 lalu.

“Sebagai contoh adalah SK BAN PT Nomor 4801/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017 untuk penetapan status Akreditasi A pada Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Lalu SK Nomor 4857/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017 untuk penetapan status Akreditasi Prodi S1 Teknik Mesin,” imbuh I Made.

Dari pencapaian prestasi tersebut, pihaknya pun berkomitmen untuk terus memperbaiki berbagai kekurangan guna peningkatan kualitas dalam pelayanan Pendidikan di FT Unnes. (is)

 

761

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan