Amankan Pilkada, Polda Jateng dan TNI Terjunkan 27.566 Personel

SEMARANG (asatu.id) – Dalam rangka pengamanan Pilkada serentak di Jawa Tengah, Polda Jateng menyelenggarakan apel kesiapan Gelar Pasukan Operasi Mantab Praja 2018, di lapangan Pancasila, Simpanglima, Jumat (5/1). Apel gelar pasukan dipimpin langsung Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono.

Kapolda pada sambutannya mengharapkan Pilkada Jateng 2018 berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Apel kesiapan pasukan ini juga dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia di 171 wilayah yang menyelenggarakan Pilkada 2018.

Jateng akan menyelenggarakan satu Pilkada tingkat provinsi pilgub dan wakilnya dan tujuh pilkada tingkat kabupaten dan kota. Antara lain Kota Tegal, Kab Tegal, Kab Banyumas, Kab Temanggung, Kab Kudus, Kab Magelang, Kab Karanganyar.

“Diharapkan delapan Pilkada Jateng nanti bisa berjalan aman, lancar, kondusif dan damai sebagaimana komitmen bersama. Untuk mencapainya, banyak stakeholder yang berkepentingan dan bertanggung jawab atas damainya penyelenggaraan pilkada tersebut. Antara lain penyelenggaranya, baik KPU maupun Bawaslu dari tingkat provinsi sampai kabupaten, kecamatan dan di desa harus netral, adil dan progresif.” ujarnya.

Orang pertama di jajaran Polda Jateng ini mengakui pilkda memiliki potensi adanya penyimpangan dan ketidaknetralan oleh kelompok-kelompok tertentu. Untuk ini, jajaran kepolisian dan TNI sebagai pengayom masyarakat dan negara perlu memberikan penguatan, pendampingan dan pengamanan kepada segenap penyelenggara pilkada.

“Petugas pengamanannya TNI dan Polri diharapkan juga harus netral, memberikan pengamanan yang sama kepada para pasangan calon. Sejumlah 21.566 personel polisi akan dikerahkan untuk pengamanan pilkada. Jumlah tersebut akan ditambah oleh hampir 6.000 lebih personel TNI dan 13.000 Linmas.” katanya saat ditemui Asatu.id sesuai upacara. (is)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *