Kembangkan Pelabuhan Kendal, Pelindo III Siap Kucurkan Rp 6 Triliun

KENDAL (asatu.id) – PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) Jawa Tengah memastikan akan melakukan pengembangan pelabuhan di Kendal, Jawa Tengah menjadi pelabuhan berskala internasional sekaligus menjadi alternatif dari Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang.

Kepastian tersebut tertuang dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Bupati Mirna Annisa, di Pendopo Pemkab Kendal, Kamis (28/12).

Direktur Utama Pelindo III, Ari Askhara mengatakan, pihaknya akan mengeluarkan dana investasi sebesar Rp 6 triliun untuk merealisasikan mega proyek perluasan Pelabuhan Kendal hingga 2019.

“Ruang lingkup dari kerja sama ini meliputi investasi, pendanaan, pembangunan, pengoperasian, dan penyertaan modal untuk Pelabuhan Kendal,” ujarnya.

Ari menjelasakan permulaan perluasan Pelabuhan Kendal dilakukan pada struktur sarana dan prasarana, penggalian untuk jalur kapal, dermaga hingga pembuatan kolam pelabuhan.

“Tahap berikutnya kami akan melakukan studi pararel kurun waktu 6-9 bulan yang dilakukan bersamaan juga dengan proses pembangunan,” tuturnya.

Ari menambahkan pelaksanaan pembangunan pada 2018 nanti pihaknya akan melakukan pendalaman dermaga pelabuhan yang semula hanya empat meter diperdalam menjadi sepuluh meter.

“Target pembanguanan pelabuhan niaga tahun 2018 bisa selesai dan tahun 2019 pelabuhan skala internasional sudah bisa beroperasi,” ujarnya.

Ia berharap dengan kerjasama tersebut mampu meningkatkan perekonomian baik untuk wilayah Kendal, tetapi juga pemangku kepentingan logistik bagi sektor industri di Jawa Tengah.

“Kami juga ingin bekerja sama dalam jangka waktu tak terbatas, di mana nantinya dapat mendukung penuh aktivitas bongkar muat barang yang ada di Kawasan Industri Kendal (KIK),” ujarnya.

Disinggung sharing dana, pihaknya tengah membahas bersama Pemkab untuk menentukan ideal dalam pengelolaan proyek ke depan.

“Yang utama multiplayer efeknya bisa diperluas dalam pendapatan pajak dan PAD untuk Kendal,” tambahnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kendal, Moh Toha mengatakan proses awal pengerjaan proyek akan dilakukaan secara lebih efektif.

“Tahap studi kelayakan, pengurusan, dan pemrosesan perizinan akan dikerjakan bersama oleh Pelindo III dan Pemkab Kendal dan pengembangan pelabuhan niaganya bisa direalisasikan tahun depan lalu berlanjut perluasan sarananya di sisi barat untuk dirancang menjadi skala internasional,” tandasnya. (Isan)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *