Mahasiswa Undip Temukan Alat Deteksi Jantung Pintar

SEMARANG (asatu.id) – Lima Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang telah mengikuti ajang International Trade fair Ideas Inventions New Products Germany (IENA) 2017, di Nuremberg Jerman pada 2-5 November 2017.

Tim yang terdiri dari Christian MT Sinaga, Kawidian Putri Bayu Alam, Mariana Tampubolon, Nurwarrohman Andre Sasongko, dan Hizroh Rochmah Tulloh mempresentasikan penemuannya, yaitu alat pendeteksi jantung pintar (SAD-Heart/Smart Alert Detection of Heart).

Tim berhasil membawa pulang medali perak setelah bersaing dengan 850 inventors dari 45 negara, di antaranya Jerman, Hong Kong, India, Iran, Iraq, Malaysia, Rusia, Korea, Portugis, Polandia dll yang mengikuti ajang tersebut.

Ajang tersebut merupakan ajang tahunan yang dilaksanakan oleh lembaga IFIA (International Federation of Inventors Association). Selain itu, tim juga mendapatkan penghargaan khusus berupa special awards dari JSC NIIAS, Rusia.

Tim berharap prestasi yang sudah diraih dapat menginspirasi mahasiswa Indonesia untuk mengembangkan ide dan temuannya. Harapan khusus dari tim semoga penemuan alat jantung pintar selanjutnya dapat dikembangkan dan kelak bisa bermanfaat untuk masyarakat Indonesia, sehingga menurunkan angka kejadian kematian akibat serangan jantung. (is)

 

 

35

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan