Agendakan Jateng Wow, BPPD Ingin Jaring Wisatawan

SEMARANG (asatu.id) – Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Tengah (Jateng) bersama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng sedang mempersiapkan agenda di awal tahun 2018 bertajuk Jateng Wow.

“Kami melihat kondisi setiap awal tahun Januari Februari dan Maret terjadi low season, sehingga kami mencanangkan Jateng Wow,” ujar Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Jawa Tengah (Jateng) Heru Isnawan dalam acara Overview 2017 dan Outlock 2018 Pariwisata Jawa Tengah di Hotel Grasia Jalan S Parman Semarang Rabu (27/12).

Heru mengatakan tujuan diadakannya Jateng Wow untuk meningkatkan gairah dunia pariwisata sekaligus kunjungan wisatawan domistik di awal kuartal 2018.

“Nah untuk ini hari ini kita coba bicarakan kepada teman-teman stakeholder pariwisata supaya mereka tahu dan bisa terlibat, karena kita tidak bisa bergerak sendiri,” ujarnya.

Melalui promosi pariwisata itu lanjutnya, pihaknya ingin memberikan perhatian kepada pengunjung bahwa ketika berwisata di Jateng ada sesuatu yang Wow.

“Wow itu dari harga pelayanannya, pertunjukan yang dihadirkan di setiap kab/kota dan destinasi dan ini sedang dirangkum idenya dan minggu ketiga Januari 2018 kita launching,” ujarnya.

Dia berharap seluruh kabupaten dan kota di Jateng serta pihak stakeholder terkait ikut berpartisipasi secara maksimal.

“Untuk persiapan atraksi dan destinasi wisata kita coba tawarkan ke daerah mana yang siap, kita belum memastikan semua kota/kab ikut namun setidaknya 10 kota/kab telah siap,” imbuhnya.

Sementara Ketua Pelaksana Badan Promosi Pariwisata Jateng, Sugeng Sugiantoro mengatakan inti dari gelaran Jateng Wow adalah memberikan kemudahan dan pelayanan bagi wisatwan.

“Ada dua kemudahan pertama ada potongan harga contohnya di penginapan, mau diskon 50,70, tergantung pihak hotel di kab/kota itu bisa dikombain dengan makan atau destinasi wisata lainya,” ujarnya.

Dan kedua, lanjutnya, ada pagelaran atau atraksi pertunjukan pariwisata yang dihadirkan sebagai penarik perhatian dalam Jateng Wow.

“Yang biasanya tidak ada pegelaran kita adakan setiap saat selama Januari hingga Maret dan ini kita tengah tawari 35 kabupaten/kota dan tidak semuanya siap, namun sejumlah daerah bersedia berpartisipasi, yakni Semarang, Solo, Ambarawa, Salatiga, Magelang, Pekalongan, Brebes maupun Tegal,” ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya juga akan membuat website berisi detail pihak yang berpartisipasi serta mengencarkan branding di sosial media dengan melibatkan Genpi Jateng dan Penggiat Pariwisata.

“Karena kita menjual destinasi, kita tidak mungkin menunggu semua siap jadi dalam waktu dekat ini kita akan membuat website dan branding media sosial sembari menyurati stakeholder terkait untuk ikut berpartisipasi,” kata pria yang juga menjadi General Maneger MesaStila Hotel Magelang.

Sedangkan Wakil Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Tengah Benk Mintosih menargetkan 70 persen hotel di Jateng ikut berparsipasi Jateng Wow.

“Kita coba inventori hotel dengan nantiya memberikan potongan diskon penginapan dan syukur-syukur pemerintah ada feedback juga yakni ada potongan pajak,” pungkas pria yang juga menjadi GM Star Hotel Semarang. (Isan)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *