2018 Bakal Jadi Tahun Panen Wisata Jateng

SEMARANG (asatu.id) – Tahun 2018 berpotensi menjadi tahun panen kunjungan pariwisata di Jawa Tengah (Jateng), mengingat pengelolaan pariwisata terus ditingkatkan oleh pemerintah (Jateng) bersama dengan dukungan stakeholder terkait.

Overview perekonomian Jateng 2017 hasilnya mengembirakan, di mana struktur Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mencatat 1 dari 3 penyumbang perekonomian di Jateng adalah sektor Pariwisata,” ujar Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Urip Sihabudin dalam pertemuan Overview 2017 dan Outlock 2018 Pariwisata Jawa Tengah, di Hotel Grasia Jalan S Parman Semarang Rabu (27/12).

Urip mengatakan daya beli masyarakat Jateng secara umum selama 2017 memang mengalami penurunan, namun dia menilai adanya pergeseran konsumsi masyarakat milinial yang berpengaruh meningkatnya demand sruktur konsumsi pada sektor wisata.

“Konsumsi senang-senang atau jalan-jalan nampaknya menjadi tren, terlihat perputaran uang terjadi di anak-anak generasi milenial dan pengeluaran mereka cenderung lebih logis dari pada generasi terdahulu,” ujarnya.

Untuk itu lanjutnya, pihak terkait baik dari pemerintah dibantu dengan stakeholder terkait terus bersinergi untuk bisa menangkap potensi konsumtif generasi milenial tersebut untuk meningkatakan kunjungan wisata sekaligus panen wisata di tahun 2018.

“Pemerintah bersama pelaku wisata berupaya meningkatkan sektor pariwisata dan pelayanan terkait, dan dekat ini akan mengadakan event bertajuk Jateng Wow untuk menggeliatkan kunjungan wisatawan pada kuartal pertama 2018,” ujarnya.

Pertemuan tersebut diikuti oleh Pengurus Badan Pengurus Daerah (BPD) PHRI Jateng, Pengurus Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Jateng Pengurus Badan Pengurus Cabang (BPC) PHRI Jateng, Penggiat pariwisata

Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI), Manager Hotel se Jateng AWAI, Inbound Tourism Community (IBTC), Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Jateng, Bidang Pengembagan Sumberdaya Manusia (SDM) Parekraf dan Balai Yan Info Pariwisata. (Isan)

 

 

43

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan