Hima Psikologi Unnes, Bentuk Karakter Anggota dengan ’Outbond Training’

SEMARANG (asatu.id) – Himpunan Mahasiswa (Hima) Psikologi Unnes menggelar outbond training, di halaman Auditorium Unnes, Rabu (27/12). Kegiatan yang diikuti 34 mahasiswa ini dimaksudkan untuk merekrut anggota baru sekaligus membentuk karakter calon anggota Hima.

Setelah peserta kumpul, trainer outbond langsung mencari suasana dengan permainan-permainan ringan. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, diselingi dengan tawa dan canda peserta.

Ketua Hima Psikologi Unnes Firman mengatakan pada training kali ini, terdapat 3 permainan, yaitu benang kusut, pasak bumi dan pindah bola, di mana ketiga permainan tersebut memiliki niali-nilai yang akan ditanamkan pada calon anggota.

Setelah dibuka dengan game ringan, peserta menuju pos 1 untuk bermain benang kusut. Benang kusut adalah permainan di mana salah satu orang terikat pada tali dan anggota kelompoknya membantu untuk melepaskannya.

Puas bermain benang kusut, peserta melanjutkan permainan di pos 2, yaitu pasak bumi. Pasak bumi adalah permainan dimana peserta harus membentuk formasi khusus dengan anggota badan sesuai dengan instruksi trainer.

Pada permainan terakhir, peserta diharuskan memindahkan bola dari titik pertama menuju titik kedua menggunakan tali secara berkelomok dan di sela-sela perjalan kelompok lain berusaha menganggu dengan melampari air yang dibungkus dalam plastik. Kelompok yang kalah dilumuri bedak oleh kelompok yang menang.

“Ini merupakan bagian dari seleksi calon anggota Hima, setelah sebelumnya kami melakukan psikotes dan tes potensi akademik,” kata Firman.

Menurutnya, dengan menanamkan karakter melalui outbond training cukup efektif dibandingkan dengan metode belajar di kelas, ada beberapa nilai-nilai yang dimasukkan dalam training ini, seperti kerjasama, disiplin, tanggung jawab dan berpikir kristis.

“Semoga dengan kegiatan ini kami akan mendapatkan calon anggota yang berkulaitas yang mampu membesarkan nama institusi,” ujarnya. (Kurnia)

104

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan