Undip Bidik ’Good University Governance’

SEMARANG (asatu.id) – UPT Humas Undip menyelenggarakan sosialisasi penyusunan informasi publik, di Gedung Rektorat Undip Tembalang, Kamis (21/12).

Seminar yang dihadiri para pimpinan universitas, fakultas dan pejabat struktural di lingkungan Undip  ini menghadirkan nara sumber Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Rahmulyo Adiwibowo

Wakil Rektor I Undip Prof M Zainuri mengatakan, sosialisai ini diadakan sebagai wadah untuk mengarahkan Undip menuju good university governance.  “Pengembangan dan pendayagunaan informasi dan teknologi komunikasi dapat membantu kinerja pelayanan publik khususnya di Undip” ujarnya.

Prof  Zainuri berharap dengan adanya sosialisasi penyusunan informasi publik ini Undip dapat meningkatkan kualitas dalam pelayanan informasi publik, sehingga masyarakat merasa puas dengan data dan informasi yang diterima dari Undip

Sementara itu kepala UPT Humas Undip Nuswantoro menjelaskan sosialisasi ini merupakan bagian memberikan pemahaman yang sama bagi semua unit-unit yang ada di Undip agar mereka mengetahui apa dan bagaimana terkait ke-PPID-an, terutama implementasi UU Keterbukaan Informasi Publik.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah Rahmulyo Adiwibowo  menuturkan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu indikator sebuah institusi pemerintah telah menjalankan amanat UU 14 Tahun 2008.

“Dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik tersebut, diwajibkan bagi badan publik yaitu lembaga pemerintah dengan perangkat-perangkat yang ada di bawahnya  bisa melaksanakan, implementasikan semangat keterbukaan informasi publik. Tujuannya, agar informasi yang ada bisa diakses masyarakat luas,” kata alumni FH Undip ini.

Dia menjelaskan, informasi publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan Badan Publik lainnya. (Riska Fara)

 

22

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan