780 Unit Menyusul, Aptrindo Uji Kelayakan 20 Truk

SEMARANG (asatu.id)  – Sebanyak 20 truk di bawah naungan Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Cabang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang melakukan uji kelayakan. Kegiatan yang diprakarsai Aptrindo dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang itu untuk menunjang keamanan dan keselamatan armada truk.

“Ini perintah langsung Aptrindo pusat dan PT TPKS, agar keamanan dan keselamatan berlalu-lintas terjamin,” ujar Ketua Dewan Perwakilan Cabang  (DPC) Aptrindo Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Supriyono, di sela-sela acara di PT Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Kamis (21/12).

Menurut Supriyono, saat ini ada 800 unit armada truk yang beroperasi di bawah naungan Aptrindo Cabang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Dari 800 unit tersebut, pihaknya mengambil 20 unit armada truk. “Kami ambil sempel 20 armada dulu, nanti 780 unit truk lainnya akan kami lakukan uji kelayakan secara berkelanjutan,” katanya.

Supriyono mengaku sengaja bekerja sama dengan Dishub Kota Semarang, karena dianggap mampu menangani hal tersebut. “Kami minta bantuan Dishub Kota Semarang karena memiliki kemampuan di bidang tersebut,” imbuhnya.

Kepala Dishub Kota Semarang, Muhammad Khadhik mengapresiasi langkah yang dilakukan Aptrindo Cabang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Menurutnya, sudah sepatutnya pemilik kendaraan atau pengusaha kendaraan melakukan uji kelayakan armada.

“Ini langkah bagus. Kami sangat menyuport. Ini bisa jadi contoh bagi kendaraan lain, tidak hanya angkutan barang tetapi angkutan orang,” ujarnya.

Menurutnya, keamanan dan keselamatan di jalan menjadi prioritas bersama. Untuk menunjang hal itu, pihaknya telah berencana melakukan jemput bola.

“Kewajiban kir itu kan setiap 6 bulan sekali. Kami sadar jumlah kendaraan semakin bertambah. Oleh karena itu kami akan melakukan jemput bola,” ujarnya.

Sementara Kepala Kesyahbandaran Otoritas dan dan Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Semarang, Abdul Wahid mengatakan, Aptrindo kembali mencetak sejarah. Dia berharap, kegiatan tersebut nantinya tidak hanya sekadar seremonial, tetapi ada tindak lanjutnya.

“Saya harapkan akan melebar ke seluruh kendaraan, khususnya yang beroperasi di pelabuhan. Aptrindo sudah punya target kapan semua kendaraan sudah di ramp check semuanya, karena untuk menjamin keamana  dan keselamtan kendaraan,” pungkasnya. (is)

 

54

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan