UNDIP Jalin Mitra dengan Delegasi Cina

SEMARANG (Asatu.id) – Universitas Diponegoro menerima kunjungan dari delegasi Research Center for Eco Environmental Sciences,  Chinese Academy Of Sciences (RCEES, CAS) di Ruang Sidang Rektor, Kampus Undip Tembalang Semarang, Rabu (20/12).

Acara dihadiri oleh Rektor Undip, Wakil Rektor, Dekan dan Civitas Akademis, serta perwakilan dari CAS antara lain: Prof. Yuansong Wei, Prof. Guijin Su, Prof. Wenbin Liu, Dr. Qing Cao.

Delegasi RCEES CAS pada kunjungan tersebut bertujuan untuk menawarkan beasiswa yang mencakup biaya kuliah dan tunjangan hidup di Chinese Academy Of Sciences (CAS) kepada mahasiswa Undip sejumlah US$ 1.500 per bulan atau setara dengan 20 juta rupiah. Kuota yang diberikan CAS sebanyak 12 mahasiswa.

Selain menawarkan beasiswa, CAS pada kunjungan tersebut juga mengenalkan profil pendidikan internasional, terutama Ph.D dan program pascasarjana di CAS serta mengajak Undip untuk menjajaki program gabungan yaitu penelitian bersama dan publikasi, pertukaran mahasiswa dan staff magang.

“Kami memiliki penelitian yang kuat dalam Ilmu Kelautan, Kedokteran dan Ilmu Pengetahuan, dan Teknik. Di sisi lain, ilmuwan sosial kita juga menyumbang sejumlah besar penelitian dan publikasi,” ujar Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama yang menyambut baik kolaborasi tersebut.

Rektor berharap, kolaborasi ini bisa produktif dan menciptakan peluang lebih jauh bagi kedua belah pihak.

“Semoga prakarsa kolaborasi ini, antara Undip dan China Academy of Science akan ditindaklanjuti dengan tindakan dan aktivitas nyata. Mahasiswa,Staf, Riset Bersama dan Publikasi, Beasiswa dan masih banyak lagi bisa menjadi implementasi dari kemitraan ini,” pungkas Rektor. (riska fara)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *