Kapolda: Tindak Tegas Pengendara Penyebab Kecelakaan

SEMARANG (asatu.id) – Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) menggelar rapat koordinasi lintas sektoral menghadapi perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, di Hotel Patra Jasa, Semarang, Selasa (19/12).

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono Condro mengatakan jajarannya akan menindak tegas pengendara kendaraan yang berpotensi mengakibatkan jatuhnya korban jika terjadi kecelakaan di jalan raya selama musim libur akhir tahun 2017.

“Misalnya penggunaan mobil bak terbuka untuk mengangkut masyarakat itu akan dilakukan penindakan. Itu kalau sekali kejadian (kecelakaan) berpotensi korbannya tinggi,” ujar Kapolda kepada asatu.id, di Semarang, Selasa (19/12).

Menurut Kapolda, penindakan tersebut dilakukan untuk menekan jatuhnya korban kecelakaan lalu-lintas jelang Natal dan Tahun Baru nanti. Pihaknya akan memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk berperan aktif dalam hal ini.

“Saya minta Bhabinkamtibmas diperankan untuk memberikan pengertian kepada masyarakat agar tidak menggunakan pikap atau kendaraan terbuka untuk mengangkut penumpang. Kita tidak boleh permisif dengan aturan ini dan harus disosialisasikan sejak jauh-jauh hari,” ujar Condro.

Condro menjelaskan, larangan melintas tersebut lantaran saat musim libur akhir tahun, volume kendaraan semakin meningkat. Kondisi itu menyebabkan lonjakkan arus lalu-lintas di jalan, terutama akses ke tempat-tempat wisata. Dengan begitu, adanya kendaran bak terbuka yang mengangkut penumpang akan mengakibatkan risiko kecelakaan di jalan semakin tinggi.

“Selama ini kecelakaan yang melibatkan kendaraan bak terbuka korbannya jauh lebih banyak. Bisa sampai 30-an orang. Itu yang perlu kita antisipasi,” pungkasnya. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *