4 Daerah di Jateng Berpotensi Tambah Alokasi Kursi DPRD

SEMARANG (asatu.id) – Akibat adanya penambahan penduduk, satu kota dan tiga kabupaten di Jawa Tengah berpotensi menambah kursi anggota DPRD dari hasil Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Joko Purnomo mengatakan, sesuai ketentuan Undang-undang, daerah yang memiliki penduduk 500-1 juta jiwa mendapat alokasi 45 anggota DPRD. Untuk satu juta jiwa ke atas 50 anggota DPRD, kemudian tiga juta ke atas 55 kursi anggota DPRD dan di Indonesia hanya ada di Kabupaten Bogor.

“Untuk di Jateng yang berpotensi penambahan, tiga kabupaten itu, yakni Wonogiri, Kabupaten Semarang danBanjarnegara. Sedangkan kotanya, Tegal. Karena adanya penambahan penduduk di atas  satu juta,” ujar Joko seusai Rapat Koordinasi Penyusunan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Pemilu 2019, Selasa (19/12).

Ia menambahkan, jika pertemuan tersebut juga dimaksudkan untuk mendiskusikan apakah dapil yang sekarang ini sudah atau masih memenuhi prinsip-prinsip yang sudah ada. “Ada beberapa prinsip, seperti kesetaraan nilai, proporsionalitas, kesatuan wilayah, dll. Kalau seandainya penambahan kursi ini memenuhi ya sudah ditambahkan saja, yang penting kab/kota per dapil tidak melebihi 12 kursi,” imbuhnya.

Selain itu, KPU juga akan melakukan pencocokan dan penelitian Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 18 Januari mendatang. Saat ini proses pencocokan dan penelitian sedang disiapkan dan secara nasional akan dilakukan secara bersama-sama. Pihaknya bekerja sama dengan pihak terkait, karena daftar pemilih basisnya e-KTP dan menjamin datang ke tempat pemungutan suara. (is)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *