Geliatkan Wirausaha, Pemkot Lakukan Langkah Ini

SEMARANG (asatu.id) – Walikota Semarang Hendrar Prihadi terus berupaya meningkatkan ratio angka wirausaha. Saat ini, tercatat pada 2014, hanya ada 1,67% penduduk di Indonesia yang menjadi wirausaha.

Sementara data BPS di tahun 2016 menyebutkan jumlah wirausaha di Indonesia telah mencapai 3,1%. Di mana ratio wirausaha sebesar 3,1% itu masih belum sebanding dengan jumlah wirausaha di negara lain, seperti Malaysia (5%), China (10%), Singapura (7%), Jepang (11%), apalagi Amerika (12%).

Menurut Walikota, Pemkot Semarang memiliki beberapa langkah yang telah dilakukan untuk menaikkan para wirausaha tersebut, khususnya di Kota Semarang sendiri. Salah satunya adalah program bernama Kredit Wibawa (Kredit Wirausaha Bangkit Jawara) yang diluncurkan Pada bulan Februari tahun 2017.

Dengan Kredit Wibawa, lanjut dia, masyarakat di Kota Semarang bisa mendapatkan modal usaha hingga 50 juta rupiah dengan bunga termurah se-Indonesia hanya 3% per tahun.

“Dalam catatan kami sampai November tahun ini, sudah ada 510 wirausaha di Kota Semarang yang mendapatkan modal usaha tanpa agunan melalui program Kredit Wibawa ini,” ujar wali kota yang akrab disapa Hendi ini, Jumat (15/12).

Selain itu, ujar politisi asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini, Pemkot juga banyak menyediakan ruang usaha yang representatif untuk membuka usaha, salah satunya Galeri Kreatif. Tak hanya itu, para pelaku UMKM juga difasilitasi dengan mendapatkan pembeli secara online. Hal itu dilakukan melalui sebuah website ecommere SemarangKreatifGaleri.com.

Selain itu, lanjutnya, pemkot juga menyediakan ruang usaha yang murah dan representatif. Ini terlihat pada upaya revitalisasi pasar tradisional di Kota Semarang yang tanpa melibatkan pihak ketiga.

“Perlu dicatat, di Kota Semarang ini semua pasar tradisional kami revitalisasi tanpa melibatkan pihak ketiga. Semua ini agar masyarakat yang ingin berjualan tidak perlu membayar biaya sewa yang tinggi,” tukasnya. (is)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *