Edukasi Generasi Milenial dengan Permainan Tradisional, USM Gelar Festival Komukino ke-6

SEMARANG (asatu.id) – Permainan tradisional kini telah banyak ditinggalkan dan jarang dimainkan oleh anak-anak. Bahkan kids zaman now tak lagi tahu dan mengenal permainan tradisional karena telah asyik dengan kecanggihan teknologi.

Padahal tak sedikit permainan tradisional yang justru melatih anak-anak untuk aktif bergerak seperti enggrang, bakiak, congklak, engklek, ketapel, perahu othok-othok, dan layang-layang.Permainan tradisional ini bahkan tak hanya mengajak kesenangan bermain tetapi juga bernilai edukasi yaitu mengajarkan kekompakan dan nilai seni yang tinggi.

Melihat kondisi yang memprihatinkan seperti ini, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang berusaha mengenalkan kembali dan mempopulerkan permainan tradisional kepada anak-anak generasi Z. Dengan mengusung tema Jawa Tengah Gayeng, mereka sepakat menggelar agenda bertajuk 6th Komukino Fest yang akan bertempat di Gedung Monod Diephuis pada tanggal 17 Desember 2017. Berlokasi di Jalan Kepodang no 11-13, acara ini rencananya akan dimulai pukul 12.00 WIB.

Dalam agenda ini pengunjung diberikan fasilitas untuk bisa kembali bermain dengan beragam permaianan tradisional secara gratis. Kegiatan ini merupakan bentuk aplikasi mata kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi, yakni Komunikasi Pemasaran, Manajemen Acara, serta Internal dan Eksternal Public Relations.

Tak hanya menyajikan festival permainan tradisional saja, ada berbagai rangkaian acara menarik lainnya. Mulai dari festival batik, festival kuliner inovasi dari 6 karesidenan yang ada di Jawa Tengah, pameran fotografi, festival tari, serta lomba karaoke.

Selain itu sebagai bentuk kontribusi lainnnya terhadap lingkungan, maka akan dilakukan pembagian 500 buku untuk anak Jawa Tengah. Satu hal lagi kegiatan sosial yang akan dilakukan adalah pembuatan kartu pos yang bertujuan untuk menyampaikan aspirasi kepada Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Semarang.

Jurusan Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Semarang adalah salah satu jurusan yang ada di Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sesuai dengan visinya jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang diharapkan mampu menjadi lulusan dengan kualitas terbaik. Dengan moral yang tertanam baik, berkarakter, kompetitif dan update dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kegiatan yang dilakukan ini merupakan salah satu terapan untuk mengembangkan potensi para mahasiswa Ilkom USM. (Riska Fara)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *