Supriyadi Sambut Rencana Pembangunan LRT

 SEMARANG (asatu.id) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang menyambut baik adanya rencana Pemerintah Kota Semarang dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub) Semarang untuk melakukan pembangunan transportasi masal berbasis rel di Kota Semarang, Light Rapid Transit (LRT).

Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi mengatakan, rencana pembangunan LRT merupakan terobosan yang luar biasa. Di mana selain kondisi gangguan lalu-lintas yang sering mengakibatkan kemacetan saat ini kian parah di Kota Semarang, kebutuhan transportasi massal juga merupakan kebutuhan yang mendesak.

“Adanya program LRT adalah terobosan yang bagus, tetapi tentunya juga diperlukan kajian mendalam,” ujar politisi PDI Perjuangan tersebut, Rabu (6/12).

Menurutnya, transportasi masal seperti LRT, cukup menarik untuk diterapkan, termasuk bertujuan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi agar bisa mengurangi kemacetan. Supriyadi menyebutkan, saat ini melakukan penambahan jalan di tengah kota akan sulit dilakukan.

“Karena kondisi Kota Semarang saat ini tidak mungkin membuat jalan baru lagi di tengah kota, sehingga LRT ini bisa menjadi alternatif,” imbuhnya.

Ditanya menyoal pembangunan LRT yang tidak murah, sehingga membutuhkan biaya tak sedikit, menurutnya, hal itu tidak menjadi kendala selama Pemkot memiliki konsep dan persiapan secara matang.

“Saya kira kalau detail engeenering detail (DED), Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), Larap, hingga Andalalin telah dibuat, maka akan terlihat berapa anggaran yang dibutuhkan. Dishub juga harus konsisten, termasuk proaktif untuk mencarikan anggaran ke pemerintah pusat, provinsi maupun investor,” imbuhnya.

Kendati demikian, Supriyadi juga mengingatkan agar Dishub juga tidak melupakan program lamanya seperti BRT untuk menambah koridor sesuai rencana. Termasuk juga mengelola angkutan feader dari wilayah permukiman ke jalan protokol.

“Saya kira jika program ini bisa berjalan semestinya, dampak lalu-lintas bisa dikurangi 2020, tidak semrawut seperti saat ini,” tukasnya. (is)

 

 

 

16

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan