Cagub Jateng Harus Dekat dengan Rakyat

SEMARANG (asatu.id) – Komunitas Peduli Kepemimpinan Bersih Jawa Tengah meminta partai politik menyuguhkan calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur Jateng berdasarkan tingkat kedekatan kandidat dengan rakyatnya.

“Parpol harus menghadirkan calon gubernur yang punya pengalaman memimpin setingkat level Jateng,” ujar Koordinator Komunitas Arif Dwi Purnomo dalam diskusi “Mewujudkan Kepemimpinan Bersih Jawa Tengah”, di Banaran Kopi, Jalan Trilomba Juang 3, Semarang, Rabu (6/12).

Menurut Arif, beberapa konteks pilkada sebelumnya penentuan calon diambil dari pusat kekuasan elit di Jakarta, sehingga rakyat harus memilih calon gubernur jauh dari kriteria yang diharapkan.

“Rakyat sering dijadikan objek atau sasaran pemenuhan ambisi elit politik, tanpa ikut berpartisipasi dalam penentuan calon gubernur,” ujarnya.

Sedangkan, Ketua Aktivis Fatayat Nahdatul Ulama Ambarawa, Alfi Satiti meminta parpol mewujudkan pemimpin ideal, berintegritas dan tidak terindikasi korupsi.

“Kriteria yang kita sepakati bahwa pemimpin Jateng nanti mengemban amanah dan kalau bisa bukan dibawa dari jauh yang tidak tahu seluk beluk Jateng,” pungkasnya. (Isan)

 

 

22

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan