Tahun Depan Terminal Terboyo Dibangun

SEMARANG (asatu.id) – Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Agung Budi Margono mengatakan tidak ada salahnya jika penutupan Terminal Terboyo untuk AKAP dan APDP ditunda. Alasannya, masalah sosial di sana belum teratasi.

“Terminal Terboyo akan dibangun tahun depan. Butuh waktu untuk lelang, baru pelaksanaan pekerjaan. Jadi tidak ada salahnya bila Terminal Terboyo dioperasikan untuk AKAP dan APDP terlebih dulu. Waktu yang ada dimanfaatkan untuk sosialisasi,” ujar Agung, di Semarang, kemarin.

Pernyataan senada juga dilontarkan Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi. Dengan mengalihkan AKAP ke Terminal Mangkang, dan AKDP ke Terminal Penggaron, langsung mematikan mata pencaharian pedagang dan penyedia jasa di Terminal Terboyo.

“Kami memberikan kesempatan kepada Dishub untuk mengkaji ulang hingga Rabu (6/12). Bila keputusan yang sudah diambil membuat sengsara orang, ya sia-sia. Sudah empat hari ini, mereka tidak bisa mengais rezeki,” ujae Politisi PDI Perjuangan ini.

Sementara itu. Kepala Dishub Kota Semarang, Mukhamad Khadik mengatakan, bus yang masih beroperasi saat ini adalah sebagian dari Terminal Terboyo, yakni terminal Tipe C. “Yang masih singgah, yakni angkutan dalam kota dan angkutan pedesaan,” ujarnya.

Menurut Khadik, pengalihan tersebut tersebut terkait penurunan status Terminal Terboyo dari Tipe A menjadi Tipe C.  Angkutan yang diperbolehkan menaikturunkan penumpang hanya angkutan dalam kota. Karenanya pedagang dan penyedia jasa juga harus mengikuti.

“Kami tidak menelantarkan pedagang, kami mengusahakan tempat di Terminal Penggaron dan Terminal Mangkang. Ada pun Terminal Terboyo akan segera dibangun. Saat ini Detail Engineering Design (DED) juga sudah selesai disusun,” tandasnya. (is)

 

72

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *