Penjualan Motor Matic Dominasi Pangsa Pasar Jateng

SEMARANG (asatu.id) –  Penjualan sepeda motor segmen skuter matik masih mendominasi pasar di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Perawatan yang mudah, praktis serta bentuknya ramping menjadi salah satu faktor yang diminati pengguna roda dua saat ini.

Coorporate Communication PT Astra Motor Center Semarang Muhamad Riyan Ayubi mengatakan, penjualan motor matik Honda mencapai 89% dari total 443.000 unit yang telah di pasarkan hingga Oktober tahun ini.

“Motor matic kini memang sedang menjadi primadona, khususnya produk kami Honda Beat yang laku keras di pasaran, sedangkan motor manual mulai sepi peminat di mana untuk produk jenis sport kami, menyumbang 6% dan motor bebek hanya 5%,” ujarnya, Rabu (29/11).

Ayub mengungkapkan, Honda saat ini menguasai penjualan segala jenis sepeda motor di 22 kabupaten/kota di Jateng mulai dari Brebes hingga Rembang, dengan market share sebesar 84,5%, sisanya di kuasai oleh kompetitor seperti Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki

“Untuk penjualan di Astra Motor Center  Semarang bulan lalu, meningkat 2% dengan terjual 44.000 unit dan untuk keseluruhan selama setahun ini mengalami kenaikan sebesar 1% dibandingkan dengan tahun 2016, dengan total penjualan mencapai 533.000 unit,” ujarnya.

Terkait tren tahun 2018 dia menambahkan, Honda masih mengandalkan matik dengan inovasi terbaru, yakni penggunaan remote di sepeda motor, dan eco indikator agar berkendara lebih efisien.

Sementara, peningkatan penjualan juga diungkapkan Hendro Aryono Badan Promosi Area PT Yamaha Indonesia Motor Manufaturing Jateng DIY.

Hendro mengatakan penjualan motor matik mencapai lebih dari 50%, terlebih produk Mio Series mulai tipe Mio M3, Mio Fino, dan yang terbaru adalah Mio S.

“Tipe Nmax dan Aerox  juga menjadi primadona dengan harga terjangkau dibanding dengan pesaing lain dalam kelas yang sama, sehingga kami ingin menjangkau konsumen dari kalangan menengah ke bawah,” tuturnya.

Terkait penjualan Yamaha Jateng DIY, Dia mengatakan, hingga Oktober 2017 sebanyak 12.000 unit sepeda motor terjual.

“Secara keseluruhan tahun ini penjualan motor naik 1 % sekitar 120.000 unit terjual dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya mencapai 108.000 unit motor,” imbuhnya. (isan)

 

18

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan