Lima Paslon Perorangan Siap Daftar ke KPU Jateng

SEMARANG (asatu.id) – Pasangan calon perorangan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2018 mendatang kemungkinan akan muncul, terlebih Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng mencatat ada lima bakal calon perseorangan yang telah melakukan komunikasi intensif perihal pendaftaran calon.

“Ada lima pasangan calon dari perseorangan yang  berniat mendaftar, namun dua di antaranya yang kini intens berkomunikasi dengan KPU,” ujar Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng Bidang Teknis Pencalonan dan Pemungutan, Ikhwanudin saat pembukaan penyerahan syarat dukungan bakal paslon perorangan Pilgub Jateng 2018, di Hotel Semesta Semarang, baru-baru ini.

Ikhwanudin mengatakan kedua paslon perseorangan atas nama Mundi dan Harjono sempat ikut dalam bimbingan teknis (bimtek) yang diselenggarakan KPU sebagai pengenalan Sistem Informasi Pencalonan (Silon) Pilkada.

“Saat itu mereka sudah mengambil password dan user name sarat pengisian dukungan di aplikasi Siloan Pilkada,” katanya.

Terkait persyaratan, Ikhwanudin menjelaskan bakal calon perseorangan untuk ikut Pilgub 2018 harus melengkapi persyaratan awal yaitu menyerahkan 1.781.606 dukungan yang dilampiri KTP dalam bentuk hardcopy dan softcopy sebanyak tiga berkas.

“Jumlah dukungannya sebanyak 6,5% dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada  pemilihan umum terakhir sebanyak 27.490.316,  itu harus tersebar setidaknya 50% penyebaran dukungannya di KPU kota/kabupaten atau minimal 18 KPU kota/kabupaten dari jumlah keseluruhan 35 KPU Kab/kota,” jelasnya.

Ikhwanuddin menambahkan jika saat verifikasi terdapat kekurangan persyaratan dukungan maka bakal calon diperbolehkan melakukan perbaikan.

“Perbaikan dilakuakan selama masa pendaftaran. Jika mendaftar hari ini  dua hari kemudian bisa kembali lagi untuk melengkapi namun jika perbaikannya mepet di tenggat akhir pendaftaran maka tidak bisa diperbaiki,” tegasnya.

Perihal pelanggaran, dia mengungkapkan ketidaksesuaian antara formulir dengan NIK dan analisa kegandaan dukungan dapat terjadi.

“Selama pelaksanaan Pilgub langsung di Jawa Tengah belum ada calon perseorangan yang mendaftarkan diri tahun 2008 dan 2013 semua calon diusung partai. Nanti kita lihat untuk 2018 ini, apakah calon perseorangan akan muncul,” imbuhnya. (isan)

 

37

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan