Ita Minta Masyarakat Jaga Kebersihan Sungai

SEMARANG (asatu.id) – Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengimbau masyarakat dari hulu sampai ke hilir sungai agar menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan tinjauan kondisi pascabanjir di Mangkang Wetan, Kamis (23/11).

Ita sapaan akrab Hevearita menambahkan, banjir yang terjadi di kawasan tersebut hanya merupakan luapan air sungai bringin, bukan banjir bandang yang menghanyutkan ratusan rumah warga.

“Alhamdulillah dalam waktu capat diatasi. Dibantu semua elemen masyarakat, Polri, TNI, pemangku wilayah setempat, yakni kecamatan dan BBWS,” ujarnya

Ia menerangkan, pihaknya berencana akan melakukan koordinasi dengan kabupaten sekitar Semarang terkait pencegahan banjir di Kota Semarang.

“Karena aliran sungai ini kan tidak berhenti di wilayah Kota Semarang saja, kalau cuma berhenti di wilayah Semarang saja, ya kita mungkin cukup berhenti di wilayah Gunungpati dan Mijen saja. Sudah semestinya kita melibatkan wilayah interline juga, seperti Kabupaten Semarang dan Kendal untuk bersama-sama pencegahan banjir ini,” ucapnya.

Seperti diketahui sebelumnya, banjir terjadi di wilayah Mangkang Wetan, Rabu (22/11) sekitar pukul 17.30 WIB akibat hujan deras yang turun seharian dan mengakibatkan Sungai Beringin meluap. Tanggul setinggi lima meter dan rumah-rumah di sekitarnya pun terendam banjir tersebut. (is)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *