KPU Jateng Buka Pendaftaran Paslon Perorangan, Ini Syaratnya

SEMARANG (asatu.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) resmi membuka pendaftaran calon perseorangan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Pendaftaran tersebut dibuka mulai tanggal 22 hingga 26 November 2017 dengan pelayanan dari pihak KPU dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB di Hotel Semesta, Jalan KH Wahid Hasyim 125-127, Kranggan, Semarang.

M Hakim Junaidi, anggota KPU Jateng Divisi Hukum dan Pengawasan, mengatakan penduduk Jateng yang berjumlah sekitar 37 juta, dan bakal calon perorangan harus memenuhi 6,5 persen dukungan, tetapi dihitung dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan umum terakhir.

“Jumlah DPT pemilih terakhir di Jateng sebanyak 27.409.316 pemilih, sehingga dikali 6,5 persen tadi jadi 1.781.606,” ujarnya seusai pembukaan pendaftaran calon perorangan, di Hotel Semesta, Rabu (22/11).

Jadi, lanjutnya, siapa pun yang akan mencalonkan menjadi gubernur dan wakil gubernur pemilihan perorangan sekurang-kurangnya harus memiliki jumlah dukungan 1.781.606.

“Yang penting adalah jumlah penyebaran dukungannya, minimal di 18 KPU kota/kabupaten dari jumlah keserluran 35 KPU Kab/kota,” ujarnya.

Dia menambahkan mekanisme pendaftaran calon perorangan ada dua formulir. Formulir pertama adalah B1KWK merupakan formulir dukungan yang diberikan oleh seseorang kepada paslon, baik individu atau kelompok. Sedangkan formulir B2KWK merupakan rekapitulasi jumlah dukungan.

“Dua formilir ini akan dipilah sekaligus akan memudahkan untuk mengecek jumlah dukungan yang tersebar di 18 KPU kota/kabupaten,” imbuhnya.

Sementara Ikhwanudin Anggota KPU Jateng Divisi Teknis mengatakan bakal pasangan calon perorangan harus mengumpulkan berkas dukungan dalam bentuk hard copy dan soft copy minimal tiga berkas.

Hard copy-nya itu dokumen asli untuk bahan peneilitan faktual, satu salinan diberikan ke pasangan calon setelah memenuhi sarat nonimal, satu salinan lain untuk KPU Provinsi,” ujarnya.

Dia menambahkan jika paslon perorangan tidak memenuhi syarat ketentuan, KPU akan kembalikan untuk diperbaiki kembali.

“Kita akan layani dalam masa penyerahan. Kalau menyerahkan berkas hari ini, kita hitung tidak sesuai maka paslon bisa kembali datang tanggal 25 untuk pelengkapan,” pungkasnya. (isan)

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *