KKIN VI 2017 Diharap Tumbuhkan SDM Instruktur Berkompeten

SEMARANG (asatu.id) – Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) Ke -VI 2017 digelar Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Indonesia dengan mengandeng Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang sebagai tuan rumah.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kedepannya mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

“Kompetisi persaingan di seluruh sektor industri saat ini diperlukan percepatan peningkatan kualitas SDM yang handal dan mempunyai daya saing tinggi,” ujar Bambang Satrio Lelono, Direktorat Jendral Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivitas Kemenker RI di temui di BBPLK Semarang, Selasa (21/11).

Menurut Satrio sapaan akrabnya, KKIN merupakan kegiatan strategis sebagai pondasi dasar mencari instruktur yang unggul, berkompeten sekaligus trampil yang mampu melatih, mendidik, dan menciptakan lapangan kerja.

“Kita harus menyadari bahwa dengan meletakkan sumber daya ekonomi terkini itu yakni sumber daya manusia menjadi kunci keberhasilan suatu negara,” ujarnya.

Sementara Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan hasil pemenang dari kompetisi ini kelak bisa menjadi ukuran dalam merekrut SDM dalam bursa kerja.

“Dari kompetisi ini akan memunculkan hasil, hasil itulah menjadi tolak ukur atau standar minumum seandainya masuk bursa kerja standar minimum itulah yang dipakai,” pungkasnya.

Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional Ke VI di BBPLK Semarang dihelat  hingga 25 November 2017 yang dimeriahkan dengan acara Job Fair, seminar, pameran, exibition dan bazaar.

Kompetisi yang bertajuk Melalui Kompetisi Kita Tingkatkan dan Profesionalisme Instruktur itu diikuti ratusan instruktur dari lembaga pelatihan pemerintah, industri dan swasta seluruh wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Gelaran KKIN ini merupakan agenda rutin dua tahunan dari Dirjen Bina Lattas Kementerian Tenaga Kerja RI. (isan)

54

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan