100 Kartun Terbaik Dipajang di Wisma Perdamaian

SEMARANG (asatu.id) – 100 karya kartun terbaik dari 35 negara yang bertemakan “Selamatkan Petani Tembakau” dipamerkan dalam ajang pameran kartun internasional bertajuk “International Tobacco Cartoon Exhibition 2017” selama dua hari, 20-21 November 2017 di Wisma Perdamaian Semarang.

Jitet Koestana, dewan juri sekaligus pendiri Kartunis Gold Pencil mengatakan antusias kartunis yang mengikuti pameran kartun tembakau terbilang cukup baik.

“Persiapan kita memang mepet mulai dibuka pengiriman karya awal november hingga 12 November 2017, maka dari kita ambil deadline ketat,” ujarnya seusai pembukaan pemeran (20/11).

Meski demikian menurut, Jitet karya-karya yang masuk terlebih yang dipajang di Wisma Perdamaian menyuguhkan hasil karya yang mengesankan serta bersifat humoris, namun tetapi kritis dalam penyajian gambarnya.

“Lebih gampangnya pameran kartun ini ngomongin soal lahan petani tembakau dan problematika kehidupan yang dialami petani,” ujarnya.

Karya kartun terbaik tersebut di antaranya Vikram Nayak (India), Alexander Dubovsky (Ukraina), Dien Yodha (Indonesia), Achmad Cholid (Indonesia), Jajak Ary Nugroho (Indonesia), dan Luka Lagaor (Montenegro)

Kesepuluh karya tersebut mendapat penghargaan “Gold Pencil Award” beserta sejumlah uang pembinaan. (isan)

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *