Tol Laut Bisa Bangkitkan Potensi Rempah Daerah

SEMARANG (asatu.id) – Pembangunan tol laut yang digalakkan Pemerintahan Jokowi – JK selama dua tahun belakangan mulai pembangunan pada 2015, diharap mampu membangkitkan pemasaran potensi rempah daerah.

“Fokus pemerintah membangun poros martim dengan melalui pembangunan tol laut ini, kebuntuan – kebuntuan akan kebutuhan transportasi bisa teratasi,” ujar Bambang MM Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia seusai pembukaan Pekan Poros Maritim Berbasis Rempah di Gedung Lawang Sewu, Kamis (16/11).

Bambang mengatakan adanya tol laut itu bisa dipadukan dengan pihak terkait terutama pegiat rempah untuk dimanfaatkan dalam memasarkan hasil rempah sehingga membangkitkan sektor perkebunan terutama komoditi rempah di daerah.

“Rempah ini merupakan kekayaan luar biasa terutama yang ada di Indonesia, dan harus diketahui bahwa semua industri tidak lepas dari rempah,” tuturnya.

Dia mencontohkan untuk makan mie, di dalamnya pasti terkandung komposisi bahan rempah, memakai parfum juga terdapat bahan rempah serta bahan kosmetik pun juga melibatkan rempah.

“Maka dari itu kita harus sadar, kita punya modal dasar sebagai penghasil terbaik rempah di dunia, juga punya modal dasar, kalo kita tidak sikapi ini untuk membangkitkan kembali, rugi rasanya kita,” tuturnya.

Dia berharap kehadiran relawan rempah yang dipadukan dengan poros maritim dan kekuatan rempah Indonesia bisa menjadi kekuatan besar mengawal rakyat untuk kesejahteraan. (isan)

28

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan